Pussenarhanud Dorong Percepatan Cimahi Jadi Pusat Wisata  Militer



KLIKNUSAE.com – Pussenarhanud dorong percepatan rencana Kota Cimahi, Jawa Barat menjadi salah salah satu destinasi wisata ‘Kota Militer’ di Indonesia.

Hal itu disampaikan , Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat  (Pussenarhanud Kodiklatad) Mayjen TNI Karev Marpaung usai meresmikan Vyaty Fitness Center Pussemarhanud di Aula R Harsoyo, Kota Cimahi, Selasa 5 Juli 2022.

Hadir dalam peresmian fasilitas olahraga pada lingkungan Pussenarhanud tersebut Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Dirum Pussenarhanud Brigjen Hari Mulyanto, Ketua Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) Jawa Barat Benny Cipta Wijaya, Ketua KONI Cimahi, Kadisbudparpora Cimahi, Instruktur dan mantan atlet binaraga nasional Ade Rai serta beberapa undangan laninya.

BACA JUGA: Lapangan Bulutangkis R.Harsoyo Pussenarhanud Bisa Menjadi Sport Tourism

Menurut Karev, selama ini Kota Cimahi memang merupakan pusat instansi militer. Jumlahnya cukup banyak, yakni mencapai puluhan instansi.

“Oleh sebab itu, memang sudah menjadi pemikiran bersama dengan pemerintah Kota Ciamhi, bagimana Cimahi ini bisa dijadikan pusat wisata militer,” kata Karev menjawab pertanyaan Kliknusae.com terkait rencana pengembangan wisata militer di Cimahi.

Masyarakat Luas Bisa Menikmati

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya, lanjut Karev, adalah menghadirkan beberapa fasilitas olahraga.

Dimana,  nantinya tidak saja digunakan oleh anggota militer, namun secara lebih luas masyarakat umum juga bisa menikmati fasilitas olahraga tersebut.

BACA JUGA: Kota Cimahi Akan Bangun Kampus Modern Smart Military University

“Fasilitas olahraga disini nantinya juga akan menjadi bagian pusat wisata militer. Walau pun kita tau, wisata militer tidak hanya sarana olahraga sana, namun juga yang lainnya,” ujarnya.

Kedepan, Pussenarhanud akan mencoba membangun museum, dengan harapan bisa menambah wahana saat pusat wisata militer Cimahi berjalan.

Memelihara Bangunan Heritage

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menjelaskan bahwa pihaknya sudah merencanakan untuk mewujudkan destinasi atau pusat wisata militer Cimahi.

BACA JUGA: Ini Alasan Stasiun Kereta Api Cepat Tidak Di Kota Bandung

“Kami, dari pemerintah Kota Cimahi memang sudah merencanakan ke arah sana. Ingin segera mewujudkan Cimahi Kota Militer,” ungkao Ngatiyana.

Dasarnya adalah, pada tahun 1886 daerah ini memang sudah merupakan tangsi-tangsi militer. Ketika kolonial Belanda berkuasa di Indonesia, arsitektur mereka telah mendesain Cimahi sebagai sebuah pemukiman sekaligus tempat berlibur.

“Sehingga peninggalan-peninggalan heritage zaman dulu—yang sekarang bangunannya juga masih banyak ditempati oleh instansi militer, masih terawatt dan dirawat dengan baik. Nah, ini bisa menjadi salah satu daya tarik untuk dikembangkan menjadi wisata militer,” papar Ngatiyana. ****

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya