Lapangan Bulutangkis R.Harsoyo Pussenarhanud Bisa Menjadi Sport Tourism

KLIKNUSAE.com – Keberadaan lapangan bulutangkis R.Harsoyo Pussenarhanud (Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara) di Kota Cimahi, Jawa Barat tidak saja sebagai pusat pembibitan atlet.

Tetapi, fasilitas yang baru diresmikan, Sabtu pagi 14 Mei 2022 ini, bisa juga sebagai taman rekreasi (sport tourism) bagi masyarakat sekitar.

“Selain sebagai sarana pembibitan, pelatihan, pembinaan dan pendidikan atlet yang berprestasi. Keberadaan lapangan ini juga sekaligus sebagai tempat rekreasi,” kata Komandan Pussenarhanud Kodiklad Mayjen TNI Karev Marpaung usai meresmikan lapangan bulutangkis dan PB Vyati, hari ini.

Menurut Marpaung, keberadaan sarana olahraga khususnya bulutangkis di Pussenarhanud diharapkan bisa memberikan kontribusi seluas-luasnya kepada masyarakat.

BACA JUGA: Kota Cimahi Akan Bangun Kampus Modern Smart Military University

“Keberadaan kami ini betul-betul ingin berkontribusi besar untuk kemajuan Kota Cimahi dan Jawa Barat pada umumnya. Kepada masyarakat Kota Cimahi mari datang, karena kami membuta lebar-lebar, guna bisa bersama-sama membangun Kota Cimahi,” tegasnya.

Ingin Berkontribusi Lahirkan Atlet Bulutangkis

Sejak lama, Pussenahanud memiliki keinginan untuk bisa memberikan sumbangsih dalam memajukan olahraga bulutangkis. Tidak saja di Kota Cimahi, tetapi secara nasional.

“Cimahi sebagai Kota Militer, sebetulnya sangat banyak potensi yang bisa diangkat dari sini. Oleh sebab itu, kami bekerjasama dengan bapak Wali Kota Cimahi dan PBSI sedang merancang pengembangan pusat Latihan, pendidikan, dan pembinaan atlet,” ujar Marpaung.

BACA JUGA: Pacitan Siapkan Konsep Ekonomi Berbasis Wisata Olahraga, Dapat Dukungan Kemenparekraf

“Dari sini sebetulnya bisa dilahirkan bibit-bibit atlet daerah untuk direkrut menjadi atlet nasional atau bahkan internasional. Itu sudah terbukti sesungguhnya pada waktu yang lalu. Misalnya terakhir ini, ada pebulutangkis Ginting yang sudah go internasional,” paparnya.

“Dan, kami berharap bisa berkontribusi untuk menjadi bagian pengembangan atlet nasional,” sambung Marpaung terkait diresmikannya Lapangan Bulutangkis R.Haryoso Pussenarhanud .

Hadir dalam acara peresmian lapangan bulutangkis R.Harsoyo tersebut Plt Wali Kota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat H. Asep Haelusna atau yang lebih akrab dikenal Asep Strawberry (Astro).

Juga hadir, Ketua Harian Pengurus PBSI Provinsi Jawa Barat Gianto Hartono, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudan dan Olahraga Kota Cimahi dan pasangan ganda campuran bulutingkis Indonesia Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad.

BACA JUGA: Mantan Pembalap Jabar Dapat Tiket Gratis Nonton MotoGP Mandalika

Berkolaborasi dengan TNI

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiman mengemukakan bahwa Kota Cimahi secara umum hanya memiliki sumber daya manusia (SDM).

“Dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) memang kami kurang. Tetapi, kami memiliki keunggulan SDM. Termasuk teknologi (IT), animasi dan atlet potensial. Keberadaan sarana olahraga bulutangkis yang disiapkan Pussemarhanud ini tentu akan menambah peluang kami melahirkan atlet nasional,” ungkapnya.

“Kenapa, kami berkolaborsi dengan TNI. Karena Cimahi sendiri adalah wilayah militer atau kota militer, dimana banyak lahan atau aset yang dimiliki TNI. Kalau bisa kerjasama dengan TNI, nanti atlet-atlet akan dilahirkan dari sini,” tambah Ngatiman.

BACA JUGA: Bank bjb Gelar Turnamen Voli Piala Gubernur 2022, Bangun Sportivitas

Ditempat yang sama Ketua Harian PBSI Jawa Barat Gianto Hartono menyampaikan apresiasi terhadap diresmikannya lapangan Bulutangkis R.Harsoyo Pussenarhanud yang telah membangun lapangan bulutungkis.

“Ini menjadi bukti kerja nyata Pussenarhanud yang ingin ikut berkontribusi dalam melahirkan atlet bulutangkis di daerah nasional maupun internasional,” katanya.

Ia juga menyampaikan pesan dari ketua Umum PBSI bahwa ekspetasi terhadap Jawa Barat cukup tinggi. Khususnya, dalam upaya mencetak atlet yang potensial.  ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya