Positif Covid-19 Jabar Bertambah Jadi 252 Orang,Ini Daftarnya

Kliknusae.com - Kasus terkonfirmasi positif virus corona (COVID-19) di Jawa Barat (Jabar) belum menunjukan tren penurunan. Berdasarkan data yang di update melalui situs resmi Jabar pada tanggal 6 April 2020 pukul 08.00, terlihat ada penambahan 5 kasus.

Ini artinya, kasus positif corona di Jabar saat ini berjumlah 252 kasus, dimana sehari sebelumnya hanya 247 kasusu. Sementara total kasus sebanyak 21991 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 1451 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 252 kasus positif Covid-19.

Dari total total kasus ODP, terhimpun 5075 orang selesai pemantauan dan menyisakan 16916 masih proses pemantauan, lalu, dari total kasus PDP tercantum 453 orang selesai pengawasan dan 998 masih proses pengawasan.

Di Jawa Barat sendiri kasus yang terkonfirmasi sembuh dari positif virus corona disebutkan saat ini ada 12 orang dan yang meninggal berjumlah 28 orang.

Dibagian lain, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebelumnya menegaskan, penanggulangan COVID-19 di Jabar sejalan dengan instruksi maupun arahan pemerintah pusat, seperti tes masif, penerapan physical distancing, dan pembentukan gugus tugas.

"Saya menjalankan pendekatan proaktif, tapi masih tetap sejalan dengan protokol pemerintah pusat," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (5/4/20).

Maklumat Pemda Provinsi Jabar soal tidak mudik dan tidak piknik sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Tujuan dari maklumat tersebut supaya penyebaran COVID-19 tidak meluas.

Kang Emil mengatakan, perbedaan penanggulangan COVID-19 Jabar dan pemerintah pusat hanya soal teknis, karena mempertimbangkan situasi di lapangan. Pada dasarnya, kata dia, penanggulangan COVID-19 di Jabar sejalan dengan pemerintah pusat.

"Jadi, jika terkadang kami punya perbedaan kecil tentang apa yang dilakukan, itu karena saya (atas nama Pemdaprov Jabar) tahu lebih baik tentang situasi di lapangan, dengan tetap mempertimbangkan (arahan, instruksi, maupun keputusan) pemerintah pusat," ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar pun akan berkoordinasi dan melaporkan semua upaya penanggulangan COVID-19 kepada pemerintah pusat, termasuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berikut daerah yang terdapat kasus positif corona yang masih menjalani perawatan di Jawa Barat, per 6 April :

Kota Bekasi : 37 kasus positif corona

Kota Depok : 32 kasus positif corona

Kota Bogor : 30 kasus positif corona

Kab. Bekasi : 23 kasus positif corona

Kota Bandung : 17 kasus positif corona

Kab. Bogor : 16 kasus positif corona

Kab. Karawang : 8 kasus positif corona

Kota Cimahi : 5 kasus positif corona

Kab. Bandung : 4 kasus positif corona

Kab. Cirebon : 2 kasus positif corona

Kab. Bandung Barat : 1 kasus positif corona

Kab. Kuningan : 1 kasus positif corona

Kab. Majalengka : 1 kasus positif corona

Kab. Purwakarta : 1 kasus positif corona

Kab. Sukabumi : 1 kasus positif corona

Kab. Sumedang : 1 kasus positif corona

Kota Tasikmalaya : 1 kasus positif corona

Sebagai catatan,orang Dalam Pemantauan (ODP) merupakan pasien yang dipulangkan untuk dipantau kesehatannya selama 14 hari oleh Puskesmas di wilayah domisili.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah pasien dirujuk ke RS Rujukan Covid-19 untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan swab tenggorokan dan memastikan positif atau negatif Covid-19.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya