13 Karya Budaya Jabar Ditetapkan Sebagai WBTB Indonesia

Kliknusae.com - Sebanyak 13 karya budaya Jawa Barat (Jabar) resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia tahun 2019. Karya budaya tersebut ditetapkan setelah melewati proses sidang di hadapan 15 orang tenaga ahli. Sidang digelar 13 - 16 Agustus 2019 di Hotel Milenium, Jakarta.

Bersumber dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, penetapan dihadiri langsung Direktur Jendral Kebudayaan, Hilmar Farid dan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamudin Ramly dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kali ini, Kemendikbud menetapkan sebanyak 267 karya budaya dari 31 provinsi, sedangkan 5 karya budaya masih ditangguhkan.

Provinsi Jabar sendiri pada tahun 2019, mengusulkan 13 karya budaya. Dan semua telah ditetapkan setelah Kepala Disparbud Jabar yang diwakili Kabid Kebudayaan, Febiyani dan didampingi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat, Irvan, memenuhi catatan dan tanggapan para tenaga ahli terhadap 4 usulan karya budaya yang semula masuk ke dalam kategori "lolos dengan catatan".

Menanggapi hal ini, Kadisparbud Jabar, Dedi Taufik mengajak pemerintah kab/kota di Jabar bersama semua pihak untuk semakin serius menangani pengusulan karya budaya di daerahnya agar ditetapkan sebagai WBTB Indonesia.

"Hal ini merupakan upaya untuk melindungi karya budaya kita sebagaimana yang diamanatkan dalam UU no.5/2018 tentang Pemajuan Kebudayaan," ujar Dedi.

Sementara untuk penyerahan sertifikatnya direncanakan dilaksanakan di Istora Senayan pada 8 Oktober 2019 mendatang oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara tersebut akan dirangkaikan dengan penyelenggaraan "Pekan Kebudayaan Nasional 2019".

Berikut 13 karya budaya Jawa Barat yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia 2019, diantaranya:

1.Badawang

2.Bajidoran

3.Blenderan

4.Benjang

5.Cingcowong

6.Domyak

7.Kawin Cai

8.Panjang Jimat Kasepuhan Cirebon

9.Reak Dogdog

10.Seren Taun Cigugur

11.Seren Taun Banten Kidul (Kab. Sukabumi)

12.Tari Trebang Randu Kintir

13.Topeng Banjet

 

(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya