Lagi Kuota Internet Gratis Diluncurkan Pemerintah, Ini Jadwalnya

KLIKNUSAE.com – Lagi kuota internet gratis diluncurkan pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bagi kalian yang Ingin mendapatkan lagi kuota internet gratis ini, bisa catat jadwal masa berakhir ini. Terutama untuk para pelajar, mahasiswa dan guru yang melakukan proses belajar secara online.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan batas waktu akhir proses unggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)  hingga, Selasa 7 September 2021.

BACA JUGA: Siap-siap Dapat Kuota Internet Gratis , Ini Syarat Penerimanya

Surat ini harus diunggah sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan kuota internet.

Dari laman Instagram resmi Kemendikbud ada beberapa data yang harus diunggah melalui vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD Dikdasmen) dan kuotadata.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

"Bagi Bapak dan Ibu Kepala Satuan Pendidikan, jangan lupa untuk segera memutakhirkan data dan nomor ponsel siswa, mahasiswa, guru, serta dosen pada sistem Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi," tulisnya pengumuman tersebut.

BACA JUGA: Bakti Indosat Ooredoo Untuk Negeri,Gratiskan Kuota Internet

Untuk bantuan kuota data internet, siswa, mahasiswa, guru dan dosen disalurkan September, Oktober dan November 2021.

Jumlah bantuan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) 7Gb per bulan, Pendidikan dasar dan menengah 10 Gb per bulan, Pendidik PAUD Dikdasmen 12 GB per bulan dosen dan mahasiswa 15 GB per bulan.

"Kuota yang dibagikan adalah kuota umum yang dapat mengakses seluruh laman atau aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo yang tercantum di kuota-belajar.kemdikbud.go.id," tulisnya.

Upaya Telkomsel Mendorong Perilaku Masyarakat ke Digital

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, program bantuan kuota belajar ini merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam mendukung perubahan perilaku masyarakat.

Khususnya, dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui teknologi.

"Kami berharap upaya tersebut dapat terus mendampingi masyarakat dalam membuka lebih banyak peluang menuju peningkatan kualitas hidup yang lebih baik," ujar Adiniwahyu.

BACA JUGA: Kementerian Kominfo Dorong Digitalisasi UMKM, Ada Subsidi Kuota Internet

Adapun rincian penyaluran program bantuan kuota internet periode September-November 2021 bagi setiap penerima manfaat adalah sebagai berikut:

  • Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat kuota internet sebesar 7 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 10 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Pendidik Jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 12 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Dosen dan Mahasiswa mendapat kuota internet sebesar 15 GB/bulan selama 3 bulan.

BACA JUGA: Berikut Tips Mengisi Token Listrik Gratis dan Syarat Mendapatkan Diskon 50 Persen

Distribusi bantuan kuota belajar gratis ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga bulan. Kuota ini akan disalurkan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021.

Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Bantuan kuota internet pada tahap ini mencakup kuota umum.

Dimana, nantinya dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI.

Demi memperlancar berlangsungnya penyaluran bantuan kuota, para penerima bantuan diimbau untuk memastikan nomor ponsel yang didaftarkan.

Nomor ponsel sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif. 

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya