Ridwan Kamil, Saya akan Kembali Sebagai Masyarakat Biasa

KLIKNUSAE.com - Stadion Siliwangi, West Java Festival 2023, menjadi saksi atas momen perpisahan yang penuh emosi saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pamitan.

Dengan suasana penuh  khidmat ia mengumumkan keputusan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Ribuan warga Jawa Barat yang hadir tak bisa menahan teriakan kegembiraan, "Jabar Juara, Jabar Juara, Jabar Juara."

"Saya akan menyerahkan mandat, maka mulai Selasa pagi, saya akan kembali sebagai Ridwan Kamil warga biasa," ucapnya dengan suara yang penuh rasa terima kasih kepada rakyat Jawa Barat.

BACA JUGA: Gubernur Ridwan Kamil Ingin Event Kereta Peti Sabun Go International

Dalam momen penting ini, dengan semangat yang disebut Kang Emil, Ridwan Kamil menyoroti beberapa pencapaian gemilang selama lima tahun kepemimpinannya.

Program Sadesa berhasil menjadikan setiap desa di Jawa Barat memiliki penghafal Qur'an 30 juz. Bahkan lebih mengesankan, sebanyak 5.018 pesantren dari 9.000 pesantren telah mampu mengembangkan produk bisnis mereka, mengubah pola pikir dan ekonomi daerah.

Ia juga menekankan prestasi besar dalam memberikan Kredit Mesra kepada ribuan warga tanpa agunan dan tanpa bunga, membantu mereka terbebas dari rentenir.

BACA JUGA: Blusukan ke Pasar Situraja, Ridwan Kamil Dorong Sistem Pembayaran Digital

Hasilnya? Jawa Barat kini memiliki tingkat kemiskinan terendah di Pulau Jawa.

"Saya telah bekerja siang dan malam selama lima tahun ini. Melangkah dari kota hingga desa-desa, mencari cara agar rakyat Jawa Barat bisa hidup lebih bahagia," ungkapnya dengan bangga.

Emmeril Kahn Mumtadz

Namun, momen yang paling mengharukan dalam pidato perpisahan ini adalah ketika arsitek alumni ITB ini menyentuh ingatan terdalamnya.

Yakni, mengenai ujian terberat dalam hidupnya: kehilangan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), pada pertengahan 2022.

BACA JUGA: Di Acara Synergi Ngopi, Gubernur Ridwan Kamil Dukung ‘Silicon Valley’

Air mata tumpah di atas podium, merasakan kerinduan yang mendalam. Warga yang hadir di Stadion Siliwangi juga ikut terharu dan memberikan semangat kepada Kang Emil.

"Dalam lima tahun ini, saya juga menghadapi ujian terbesar, yaitu kehilangan putra lelaki saya. Tapi berkat doa Jawa Barat, dengan tekad yang kuat, meskipun COVID-19 melanda, meskipun Eril telah pergi, provinsi ini adalah yang terbaik di Indonesia," tutur Kang Emil, disambut dengan tepuk tangan hangat ribuan warga.

BACA JUGA: Ceramah Kebangsaan, Ridwan Kamil Pilih Gus Miftah, Ini Alasannya

Pada akhir pidato perpisahannya, ia menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih kepada warga Jawa Barat yang telah mempercayainya selama lima tahun ini.

Dia yakin bahwa kemajuan Jawa Barat akan menjadi kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia.

"Terima kasih, warga Jabar. Jika Jabar bisa, maka Indonesia juga bisa. Semua kebaikan bisa diperluas untuk Indonesia," tegasnya.

"Saya sadar bahwa seorang pemimpin tidak luput dari kesalahan, namun semangat untuk berjuang selalu ada," sambung Ridwan Kamil sekaligus menutup psambutannya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya