Pelapis Jok Kursi Lion Air Group Dibeli dari UMKM Garut

KLIKNUSAE.com - Pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) Kabupaten Garut, Jawa Barat berhasil menarik hati Lion Air Group. Terbukti pelapis jok kursi (seat dress cover) dari mereka dibeli maskapai berlogo kepala Singa itu.

Seat dress cover yang sekarang sudah mulai dipasang itu merupakan rancangan UMKM lokal bernama Garut Makmur Perkasa (GMP).

Inisiatif ini membuka pintu bagi penggunaan bahan baku kulit lokal yang berkualitas tinggi. Dimana, diharapkan akan menjadi langkah monumental dalam mendukung ekonomi lokal. Termasuk, menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia.

Seat dress cover, yang sering disebut sebagai penutup atau pelapis jok kursi, tidak hanya memberikan nuansa elegan bagi perjalanan udara.

BACA JUGA: Sohibul Iman Sebut UMKM Masih Jadi Entitas Bisnis Tangguh, Tapi Ini Kekurangannya

Tetapi juga mencerminkan tekad nyata untuk menguatkan industri dalam negeri dan meningkatkan standar kualitas dalam penerbangan di Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan pihaknya secara bertahap akan memperluas penggunaan seat dress cover yang diproduksi oleh UMKM lokal ini di seluruh armada pesawatnya.

"Kami akan memulainya dengan perlahan, satu pesawat demi satu pesawat. Hingga akhirnya seluruh armada Lion Group dapat menggunakan produk-produk berkualitas tinggi yang diproduksi di dalam negeri. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk mengimpor kulit dari luar negeri," ungkap Capt Daniel dalam acara Hub Space 2023 di Jakarta Convention Center, Jumat 29 September 2023.

BACA JUGA: Maskapai penerbangan internasional Emirates Gandeng Kemenparekraf, Jalin Kerjasama Ini

Kemitraan Kreatif

Sedangkan, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dengan bangga mengungkapkan dampak positif luar biasa yang dihasilkan oleh kemitraan kreatif antara BAT dan GMP terhadap perekonomian Indonesia.

"Kemitraan kreatif antara BAT dan GMP adalah tonggak sejarah yang mengilustrasikan bahwa kolaborasi antara raksasa industri penerbangan dan produsen kulit lokal mampu menciptakan dampak positif yang luar biasa pada perekonomian Indonesia," katanya.

"Produk-produk asli Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam pertumbuhan pesat industri penerbangan, sekaligus meningkatkan citra produk Indonesia di tingkat internasional," sambung Danang.

BACA JUGA: Maskapai Wings Air Buka Penerbangan Perdana ke Bandara Ini

Tidak kalah penting, Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut mengunjungi booth BAT untuk melihat secara langsung produk seat dress cover inovatif ini.

Mereka memberikan apresiasi tinggi atas kolaborasi ini, yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan perjalanan udara.

Namun, juga memberikan dampak positif yang signifikan pada ekonomi lokal.

Dengan langkah ini, Lion Air Group telah membuka pintu bagi masa depan yang lebih cerah bagi industri UMKM di Indonesia. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya