Eril Putra Ridwan Kamil Ditemukan? KBRI Bern Segera Gelar Konferensi

KLIKNUSAE.com – Eril putra Ridwan Kamil ditemukan? Pertanyaan optimis ini muncul menyusul rilis Kementerian Luar Negeri RI yang menyebut ada kemajuan dalam pencarian Emmeril Kahn Mumtadz.

Seperti diketahui, putra sulung Gubernur Jawa Barat itu dinyatakan hilang dan meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

“Memang ada progress, tetapi saat ini KBRI masih menunggu konfirmasi dan informasi detail dari Kepolisian Bern,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha dalam pengarahan media secara daring, Kamis 9 Juni 2022.

BACA JUGA: Keluarga Gubernur Ridwan Kamil Terus Memantau Pencarian Eril

Tanpa menjelaskan kemajuan apa yang dimaksud, Judha mengatakan bahwa KBRI Bern akan segera mengadakan konferensi pers.

Khususnya, untuk menyampaikan informasi terkini tentang proses pencarian Eril putra Ridwan Kamil di Sungai Aare.

Sebelumnya, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Eril akan terus berlanjut. Hingga Selasa 7 Juni 2022, pencarian telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah Sungai Aare.

"Proses pencarian akan terus dilakukan tanpa batas waktu yang dapat ditentukan. Artinya, misi pencarian akan berlangsung hingga Eril ditemukan," kata Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad pada konferensi pers daring, Senin 6 Juni lalu.

BACA JUGA: Seluruh Masjid di Jabar Gelar Shalat Ghaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Memasuki musim panas di Swiss, kata dia, kepolisian setempat yakin naiknya temperatur, yang dapat menambah debit air Sungai Aare, akan memudahkan misi pencarian tersebut.

"Musim panas juga berarti intensitas dan aktivitas pengunjung di sepanjang Sungai Aare akan bertambah. Peningkatan dinamika air dan manusia di Sungai Aare diharapkan akan berkontribusi dalam proses pencarian," ujar dia.

Pengunjung Sungai Aare Mencapai 18 Ribu Orang

Saat cuaca baik, jumlah pengunjung di Sungai Aare cenderung meningkat. Misalnya, pada musim panas 2021 jumlah pengunjung yang beraktivitas di Sungai Aare dapat mencapai 18.000 orang per hari.

BACA JUGA: Doa Warga Jabar untuk Putra Gubernur Ridwan Kamil Terus Mengalir

Kepolisian Bern menilai bahwa peningkatan pengunjung akan memberikan dampak positif bagi upaya pencarian.

Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca.

Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian.

Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022. Menurut pernyataan polisi setempat, Eril mengalami situasi darurat saat berenang di sungai terpanjang di Swiss itu. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya