Air Terjun Ini Masuk 10 Atraksi Wisata Terbaik Dunia 2022

KLIKNUSAE.com – Air terjun ini masuk dalam peringkat 10 wisata terbaik di dunia 2022 atau Top Attraction in The World 2022.

Cukup unik memang, air terjun tersebut merupakan gabungan sekitar 275 air terjun, dengan total luas area mencapai 2,7 kilometer.

Sementara ketinggiannya mencappai 80 meter. Bahkan ia lebih lebar dari air terjun Niagara di Amerika Serikat.

Posisinya, berada di tengah hutan pedalaman, sehingga masih alami. Selain itu, air terjun tersebut juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984 silam.

Nah, TripAdvisor, platform perjalanan global selain menempatkan ari terjun tadi, juga merilis peringkat atraksi wisata terbaik di dunia 2022 lainnya. Ada 10  Top Attraction in the World 2022.

BACA JUGA: Sari Ater Kembangkan Wahana River Tubing Air Panas Alami, Ini Suasananya

Mengutip CNN, katedral La Sagrada Familia, di Barcelona Spanyol menduduki peringkat pertama atraksi wisata terbaik dunia 2022 versi TripAdvisor.

Seperti diketahui, Tripadvisor rutin merilis Travelers' Choice Awards setiap tahunnya. Penghargaan tersebut diberikan kepada destinasi wisata terbaik pilihan para traveler.

Pada Selasa, 13 Juni 2022 lalu, TripAdvisor merilis salah satu seri Travelers' Choice Awards, yakni Best of the Best Things to Do, yang terdiri dari 11 kategori penghargaan.

Salah satunya adalah atraksi wisata terbaik dunia 2022.

Metode pemilihan

TripAdvisor mengungkapkan pemilihan nominasi dalam penghargaan Best of the Best Things to Do.

Peringkat tersebut ditentukan berdasarkan kualitas dan kuantitas dari ulasan dan penilaian wisatawan terhadap destinasi wisata melalui TripAdvisor.

Ulasan dan penilai tersebut terkait dengan pengalaman, tur, aktivitas, dan atraksi yang didapatkan traveler selama berwisata pada destinasi tersebut.

Periode penilaian dimulai pada 1 Mei 2021 hingga 30 April 2022.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Outdoor di Bandung Raya, Keren Habis

"Pengalaman wisatawatan tersebut diklasifikasikan dalam tur dan aktivitas yang dapat dipesan melalui TripAdvisor, tidak melalui TripAdvisor, dan pengalaman yang didapat wisatawan tanpa harus memesan tiket apapun,” bunyi keterangan resmi TripAdvisor dikutip dari CNN.

Berikut 10 Top Attraction in The World 2022, termasuk air terjun tadi:

1. La Sagrada Familia, Spanyol

Merupakan katedral yang berada di Barcelona, Spanyol. Mengutip CNN, katedral ini dirancang oleh arsitek Antoni Gaudi, yang merupakan pelopor gaya arsitektur modern.

Pada 1930-an, bangunan katedral sempat rusak selama perang saudara Spanyol. Kemudian, pada 2005 Sagrada Familia menerima status Warisan Dunia UNESCO.

Gaya arsitektur La Sagrada Familia sangat unik, dengan sejumlah menara yang menjulang tinggi sehingga menjadi salah satu rumah ibadah tertinggi di Eropa.

BACA JUGA: Bali Masih Terindah Di Mata Dunia, Kembali Sabet Destinasi Terbaik

Berdasarkan informasi dari Stuff, katedral ini dibangun sejak 1882 serta masih terus berlanjut hingga saat ini. Targetnya, pembangunan katedral tersebut selesai pada 2026, bertepatan dengan 100 tahun wafatnya Gaudi.

Namun, sepertinya target penyelesaian itu tertunda karena pandemi Covid-19.

2. Colosseum, Italia

Menjadi  ikon wisata Roma, Italia. Obyek wisata ini dulunya merupakan tempat pertarungan para gladiator melawan binatang buas pada zaman Kerajaan Romawi.

Colosseum berbentuk amfiteater yang konon bisa menampung 50.000-70.000 penonton pada masa kejayaannya.

Setelah Kekaisaran Romawi jatuh, Colosseum digunakan sebagai perumahan dan sumber bahan untuk pekerjaan konstruksi di sekitar kota.

Meskipun sudah tidak utuh, bangunan Colosseum masih berdiri kokoh. Salah satu obyek wisata terkenal di dunia ini dapat menarik 5 juta pengunjung per tahun sebelum pandemi Covid-19.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Hotel Labuan Bajo dengan Pemandangan Menakjubkan

Gedung Pencakar Langit di New York

3. Empire State Building, New York

Bangunan ini merupakan gedung pencakar langit yang berada di New York, AS. Tepatnya di Midtown Manhattan, New York, pada persimpangan Fifth Avenue dan West 34th Street.

Mengutip situs The Empire State Building, gedung ini terdiri dari 102 lantai dengan tinggi puncak mencapai 443,2 meter.

Gedung pencakar langit ini sempat memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia selama hampir 40 tahun.

Empire State Building menjadi ikon New York. Dari atas gedung, pengunjung bisa melihat cakrawala kota metropolitan tersebut.

BACA JUGA: Indonesia Kalahkan Arab Saudi untuk Wisata Halal, Naik Peringkat Kedua

4. Masjid Agung Sheikh Zayed, UEA

Masjid ini berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Masjid ini merupakan masjid terbesar di UEA yang dibangun oleh mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Berdasarkan informasi dari Islamic Fashion and Design Council, arsitektur masjid memiliki struktur yang menyatukan keragaman budaya Islam dari berbagai dunia.

Untuk mengenang jasa pendirinya, maka makam Sheikh Zayed terletak di halaman di samping masjid.

Masjid ini dibangun dari 1996 hingga 2007 serta berdiri di atas lahan seluas 12 hektare, belum termasuk area luar dan parkir. Tak heran, Masjid Agung Sheikh Zayed menjadi masjid agung UEA.

Lukisan Kuno dari Abad Pertengahan

5. Museum Uffizi, Italia

Galeri Uffizi adalah salah satu museum seni tertua dan terkenal di dunia. Galeri seni ini terletak di Firenze, Italia

Mengutip situs Le Gallerie Degli Uffizi, galeri Uffizi berada di lantai satu dan dua bangunan hasil rancangan arsitek Giorgio Vasari. Bangunan itu didirikan pada 1560 hingga 1580.

Galeri Uffizi merupakan salah satu museum terkenal di dunia karena memiliki koleksi patung dan lukisan kuno dari abad pertengahan.

BACA JUGA: Wisata di Kawasan Puncak Bogor, 10 Destinasi Ini Asyik Lho

Museum ini mempunyai koleksi lukisan dari abad ke-14 dan periode Renaissance. Termasuk, beberapa mahakarya dari Giotto, Simone Martini, Piero della Francesca, Beato Angelico, Filippo Lippi, Botticelli, Mantegna, Correggio, Leonardo, Raffaello, Michelangelo dan Caravaggio.

Selain itu, galeri seni ini menawarkan koleksi patung-patung kuno.

6. Plaza de Espaa, Spanyol

Sebuah  bangunan megah di Seville, Spanyol. Mengutip dari situs Visita Sevilla, plaza megah ini berada di Taman Maria Luisa.

Bangunan ini merupakan rancangan arsitek besar Sevilla Anibal Gonzalez. Mulanya, bangunan serta taman tersebut merupakan  ruang simbolis untuk Ibero-American Expo pada 1929.

Plaza de Espana berdiri atas tanah seluas 50.000 meter persegi. Tak heran, bangunan plaza ini merupakan salahs atu daya tarik sekaligus ikon wisata Kota Seville.

Air Terbaik di Dunia 2022

7. Air terjun Iguazu, Brasil

Berada di perbatasan Brasil dan Argentina. Air terjun ini  merupakan gabungan sekitar 275 air terjun, dengan total luas area mencapai 2,7 kilometer.

Adapun, air terjun tertinggi bernama Devil’s Throat, dengan ketinggian mencapai 80 meter. Air terjun Iguazu ternyata lebih lebar dari air terjun Niagara, AS.

Air terjun Iguazu berada di tengah hutan pedalaman AS, sehingga masih alami. Selain itu, air terjun Iguazu telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984 silam.

BACA JUGA: Industri Fesyen Pamekasan Menjadi Target Unggulan Sektor Pariwisata

8. The Roman Baths, Inggris Raya

Sering disebut juga sebagai pemandian Romawi ini  berada di Kota Bath, Inggris. Obyek wisata ini merupakan salah situs sejarah terbaik di Eropa Utara.

Mengutip laman The Roman Baths, situs bersejarah ini berupa pemandian air alami. Daya tarik The Roman Baths adalah desain arsitekturnya bergaya Romawi Kuno.

Selain pemandian air panas, wisatawan bisa mengunjungi kompleks The Roman Baths seperti trotoar peninggalam Romawi dan  reruntuhan Kuil Sulis Minerva.

9. Garden of the Gods, AS

Letaknya  di Colorado, AS. Mengutip situs Garden of Gods, daya tarik obyek wisata ini adalah batuan tinggi berwarna merah yang berjajar.

Warna batuan merah tersebut tampak kontras dengan pepohonan sekitar yang berwarna hijau serta langit biru. Garden of the Gods merupakan salah satu ikon Colorado, AS.

10. Trevi Fountain, Italia

Sebuah air mancur paling indah dan paling populer di Roma, Italia. Air mancur ini memiliki ketinggian 26,3 meter dengan lebar 49,15 meter.

Desain Trevi Fountain sangat ikonik, yaitu bergaya barok. Sebuah kepercayaan berkembang di kalangan wisatawan dunia.

Jika melempar uang koin lewat bahu ke Trevi Fountain, maka ia akan mendapatkan keberuntungan.

Selain itu, wisatawan meyakini jika melempar koin ke dalam air mancur maka bisa kembali lagi ke Roma. ***

Sumber: Komas.com

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya