Wisman ke Kepri Diberi Akses Masuk Lebih Banyak, Dimana Saja

KLIKNUSAE.com – Wisman ke Kepri diberi akses masuk lebih banyak oleh pemerintah Kepulauan Riau. Kebijakan ini dilakukan kerangka travel bubble (koridor perjalanan).

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebutkan pemerintah pusat menambah pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Termasuk wisman ke daerah itu baik melalui jalur laut maupun udara.

Menurut Ansar, kepastian tersebut diatur melalui Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 17 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi COVID-19 yang diterbitkan, Selasa (5/4/2022).

BACA JUGA: DPD PUTRI Kepri Sambut Baik Kedatangan Wisman Singapura

"Surat yang ditandatangani Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto ini mengatur secara rinci pintu masuk mana saja yang dibolehkan dibuka untuk menerima kunjungan PPLN ke Indonesia termasuk para wisman," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Kamis 7 April 2022 seperti dikutip Kliknusae.com dari Antaranews.

Ansar menyampaikan di Kepri selain Pelabuhan Bandar Bintan Telani, Bintan dan Nongsa Sensation, Batam telah lebih dahulu dibuka untuk wisman.

Melalui SE tersebut, seluruh pintu masuk pelabuhan bagi PPLN di wilayah Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun telah diizinkan untuk menerima PPLN masuk ke wilayah Kepri.

BACA JUGA: Bintan Resort Kepri Kembali Buka, Siap Menerima Kunjungan Wisman

Kemudian, ada dua jalur udara di Kepri, yakni Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Dua  bandar aini  telah diizinkan untuk dibuka sebagai pintu masuk PPLN.

Oleh karena itu, Ansar meminta seluruh pengelola pintu masuk untuk menyiapkan fasilitas penyambutan wisman.

Fasilitas Penyambutan Wisman ke Kepri

"Fasilitas penyambutan tersebut mulai dari ketersediaan tempat dan petugas yang akan melakukan tes PCR. Petugas penerima pembayaran visa on arrival, tempat isolasi, hingga rumah sakit rujukan bila diperlukan suatu tindakan medis lebih jauh," ujarnya.

Mantan Anggota DPR itu berharap setidaknya fasilitas penyambutan wisman di pintu masuk yang telah ditunjuk pemerintah tersebut, sama dengan yang telah diterapkan di Pelabuhan Nongsa Sensation, Batam dan Pelabuhan Bandar Bentan Telani Lagoi, Bintan.

BACA JUGA: Batam Wonderfood dan Art Ramadhan Dibuka, Ajang Ngabuburit Warga

Di sisi lain, Gubernur Ansar juga terus menggesa percepatan vaksinasi penguat di Kepri yang sampai 5 April 2022 telah mencapai 31,65 persen.

"Vaksinasi booster terus kita kejar agar kekebalan kelompok dapat terus terbentuk. Ini untuk melindungi masyarakat kita dan juga wisman yang akan berkunjung ke Kepri. Selanjutnya, akan memberikan kepercayaan semua pihak, termasuk negeri jiran Singapura dan Malaysia" ungkapnya.

Gubernur Ansar juga telah meminta bantuan Kedutaan Besar RI di Singapura untuk melobi pemerintah di negara itu agar mencabut batas kuota warganya yang akan berlibur ke Kepri.

"Jika saat ini masih membatasi di kisaran 350 orang per pekan, kita minta ke depan tidak ada lagi pembahasan kuota," kata Ansar.

BACA JUGA: Visa Kunjungan Wisman Diperluas Menjadi 43 Negara, Berikut Daftarnya

PUTRI Harapkan Wisman ke Kepri Lebih Banyak Lagi

Terkait pembukaan ini wisatawan mancanegara (wisman), sebelumnya DPD PUTRI Kepri menyambut baik kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura.

Ini menjadi kabar menggembirakan untuk bangkitnya kembali sektor pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri).

“ Meski turis yang akan mulai masuk via travel bubble lokasinya ada di destinasi korporasi, tapi ini merupakan awal yang baik untuk kebangkitan sektor pariwisata Kepri,” kata Sekretaris DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Provinsi Kepri Rudi Hartono kepada Kliknusae.com, Senin 14 Februari 2022 lalu.

Menurut Rudi, pihaknya berharap jika kondisi pandemi makin membaik program travel bubble bisa ikut dirasakan pengelola objek wisata diluar korporasi.

“Untuk wisman Singapura yang akan datang ini, belum masuk ke destinasi yang dikelola anggota kita (PUTRI). Mudah-mudahan ke depan, akan menyusul,” tambahnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya