Laptop Terancam Punah Beberapa Tahun ke depan, Ini Penyebabnya

KLIKNUSAE.com – Laptop terancam punah. Teknologi penunjang produktivitas kerja kantoran ini mungkin akan eksis tinggal beberapa tahun lagi.

Popularitas laptop sebagai perangkat penunjang yang bisa dibawa kemana-mana, diketahui terus mengalami penurunan.

Bahkan 'kotak ajaib' tersebut, sebentar lagi diperkirakan akan menghilang dan digantikan oleh tablet.

Setidaknya begitulah menurut Rich Miner, Chief Technology Officer (CTO) Tablet Google sekaligus salah satu pendiri Android.

Miner mengungkapkan bahwa angka pengiriman tablet menunjukkan tren peningkatan sejak akhir 2019.

BACA JUGA: Sayonara BlackBerry, Ponsel Pelopor QWERTY Ini Akhirnya Tutup Buku

Pada tahun 2020, menurut Miner, angka pengiriman tablet pada 2020 meningkat dan mulai mendekati angka pengiriman laptop.

"Dari situ, saya berpikir, tidak terlalu lama lagi akan tiba masa di mana ada lebih banyak tablet yang terjual dibandingkan laptop setiap tahunnya," kata Miner.

Dengan kata lain, tablet diprediksi bakal lebih populer ketimbang laptop.

Pertimbangan Pilih Tablet

Menurut Miner, hal itu terjadi karena dua faktor, pertama karena tablet bisa menjadi perangkat mumpuni untuk menunjang kreativitas dan produktivitas.

Dan yang kedua, selain mumpuni, tablet juga bisa dijual dengan harga jual yang lebih murah ketimbang laptop.

BACA JUGA: Kalah dengan Smartphone, Nikon Hentikan Produksi Bodi Kamera

"Setelahnya, saya pikir akan ada gelombang di mana (pengembang) membuat aplikasi yang mengutamakan kompatibilitas dengan tablet," kata Miner, sebagaimana dihimpun dari AndroidCentral.

Pada dasarnya, tablet bisa dikatakan sebagai perangkat ponsel dalam versi ukuran layar yang lebih besar. Kehadirannya juga menambah nyata laptop terancam punah.

Bila ponsel biasanya memiliki ukuran layar sekitar 6 inci, tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar seperti 8-an inci, 11 inci, atau 12-an inci.

BACA JUGA: Whatsapp Bakal Hentikan Layanan Dari Ponsel Tipe Ini

Bahkan yang paling baru, Samsung menelurkan tablet Galaxy Tab S8 Ultra dengan ukuran ayar 14,6 inci. Ukuran layar tablet tersebut paling besar yang ada di pasar untuk saat ini.

Nah, sejumlah aplikasi mobile tak jarang memiliki tampilan yang melebar ketika diakses menggunakan tablet yang notabene memiliki layar yang besar pula.

Itulah mengapa, Miner memprediksi, developer aplikasi mobile Android bakal berlomba-lomba membuat aplikasi yang mengutamakan format tampilan tablet, di saat popularitas tablet melampaui laptop nantinya.

Android 12L untuk tablet

Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.

Google mulai menggelontorkan OS Android 12L ke ponsel Pixel. OS ini sedianya dirancang untuk perangkat HP atau tablet yang memiliki layar besar.(Google)

Miner sendiri tak menampik bahwa, Google kurang memberikan fokus pada sektor tablet Android miliknya selama ini.

BACA JUGA: Sasar Gamer Milenial Lenovo Hadirkan Laptop Gaming Legion Slim 7i

Untuk mempersiapkan masa depan sebagaimana yang diprediksi Miner, Google tampaknya akan mendorong pengembang aplikasi (developer) membuat aplikasi baru yang mengutamakan format tablet.

Saat ini, Google agaknya sudah bergerak ke arah sana. Indikasinya, Google baru-baru ini resmi merilis sistem operasi (OS) Android 12L.

Android 12L sendiri merupakan OS turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar. Misalnya seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat (ponsel lipat), atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Dengan Android 12L, Google pun menyempurnakan tampilan notifikasi, Quick Settings, Lock Screen, Overview, dan juga desain Home Screen untuk perangkat berlayar besar.

BACA JUGA: Coba deh Tips Ini, Sukses Bisnis Tanpa Modal

Tak seperti tampilan ponsel biasa dalam layar yang lebihi besar, Android 12L memungkinkan tablet memiliki tampilan seperti antarmuka OS desktop yang memiliki taskbar di sisi tengah bawah layar.

Sepintas tampilan taskbar pada Android 12L ini terlihat seperti antarmuka di iPadOS dan mode Samsung DeX di tablet Samsung.

Ponsel Lipat

Untuk perangkat tablet, Android 12L turut membawa dukungan fitur split screen. Sesuai namanya, fitur ini bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih.

Sejauh ini, Android 12L versi stable baru tersedia untuk sejumlah lini ponsel bikinan Google, Pixel.

BACA JUGA: Goodbye Toshiba, 35 Tahun Perjalanan Panjang Yang Harus Berakhir

Namun Google telah mengonfirmasi bahwa Android 12L juga bakal tersedia untuk ponsel atau tablet Android dengan layar besar dari brand lain mulai akhir tahun 2022 ini. Mulai dari tablet atau ponsel lipat (foldable phone) bikinan Samsung, Lenovo, dan Micosoft.

Google sendiri tidak merinci perangkat apa saja dari Samsung, Lenovo, dan Microsoft yang bakal kebagian pembaruan Android 12L mulai penghujung tahun 2022.

Nah, sebelum laptop terancam punah, bersiap-siaplah migrasi teknlogi. ***

Sumber: Kompas.com

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya