Wisatawan Mancanegara Mulai Diperbolehkan Masuk, Kecuali Negara Ini

KLIKNUSAE.com – Wisatawan Mancanegara atau wisman mulai diperbolehkan masuk ke Indonesia mulai 14 Oktober 2021 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ada 18 negara yang diizinkan masuk ke Indonesia.

Meski tidak dirinci ke-18 negara tersebut, namun Luhut—yang sekaligus Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali, mengatakan  ada satu negara yang masih belum diizinkan masuk ke RI, yakni Singapura.

Ini lantaran negara tersebut belum memenuhi standar ketentuan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

BACA JUGA: Bintan Resort Kepri Kembali Buka, Siap Menerima Kunjungan Wisman

“Mengenai nama-nama negara yang bakal diumumkan ada 18 negara. Saya kira Singapura belum termasuk, mungkin belum memenuhi persyaratan atau standar level satu, level dua sesuai standar WHO," ucapnya dalam evaluasi PPKM yang disiarkan melalui media daring Sekretariat Presiden, Senin Oktober 2021.

Terkait proses karantina, kata Luhut, bagi kedatangan warga negara Indonesia (WNI) yang selama ini berada di luar negeri, wajib menjalani proses karantina selama lima hari.

Kebijakan tersebut juga berlaku bagi kedatangan warga negara asing (WNA) atau turis asing.

"Untuk orang Indonesia (dari luar negeri) yang datang, berlakunya lima hari. Kenapa lima hari? Karena kami hitung masa inkubasi itu 4,8 hari, jadi maksimum itu sudah turun di bawah 4 persen probability penularannya. Jadi, saya kira risikonya makin rendah karena tingkat imunitas kita bertambah sejalan dengan jumlah yang divaksin dan lansia yang divaksin bertambah," jelasnya.

BACA JUGA: Menparekraf Sandiaga Pilih Kolaborasi Ketimbang Berebut Pasar Wisman

Penerbangan di Bali Kembali Dibuka

Pemerintah telah mengumumkan akan membuka kembali penerbangan internasional di Bali mulai 14 Oktober ini.

Luhut pada evaluasi PPKM pekan lalu menyebutkan sejumlah wisatawan mancanegara yang diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia antara lain dari negara Korea Selatan, China, Jepang, Abu Dhabi, Dubai, dan New Zealand.

Kemudian, jalur masuk para perjalanan internasional, RI membuka tiga pintu masuk, baik udara, laut, maupun darat melalui pos lintas batas perbatasan.

BACA JUGA: Siap Buka Untuk Wisman, Thailand Promosi Hotel 14 Ribu Per Malam

Untuk jalur udara terdapat tiga pintu masuk bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Kemudian, pintu masuk melalui jalur laut juga terdapat tiga pelabuhan, yaitu Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Pinang, dan Pelabuhan di Nunukan.

Sementara, jalur masuk darat bagi perjalanan internasional juga terdapat tiga pintu, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Entikong, dan Motaain.

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai saat ini sedang menyiapkan sejumlah hal yang mencakup perjalanan penumpang.

Mulai dari turun pesawat hingga dijemput oleh kendaraan menuju hotel karantina. Setidaknya, ada 11 persiapan yang dilakukan oleh otoritas bandara di Bali untuk menyambut kembali wisman yakni:

1.Pre-flight

2.Thermo Scanner

3.Konter registrasi

4.Pemeriksaan dokumen

5.Tes PCR

6.Imigrasi

7.Pengambilan Bagasi

8.Bea Cukai

9.Holding Area

10.Satgas Covid-19 Provinsi Desk

11.Pick Up Zone

***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya