Rencana Pemkot Yogyakarta di Peringatan Hari Sepeda dan Lingkungan Hidup

DIY, Kliknusae.com - Peringati Hari Sepeda Internasional, Pemkot Yogyakarta mengelar acara bersepeda di sejumlah kawasan wisata. Acara tersebut juga sejalan dengan program Monalisa yang belum lama diresmikan pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan bahwa peringatan Hari Sepeda Internasional akan dirayakan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup sedunia. Rencananya, pihaknya akan keliling bersepeda sambil menanam pohon.

"Kita coba carikab tempat-tempat wisata yang belum familier. Sekaligus coba kita kenalkan tempat wisata alternatif," kata Wahyu, dilansir Kliknusae dari Suarajogja, Senin, 31 Mei 2021.

Rencananya, pihaknya akan mengundang sejumlah komunitas sepeda yang ada di Yogyakarta. Selain itu, Wahyu akan memperkenalkan tempat wisata yang jarang diketahui masyarakat. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar Sabtu, 8 Juni 2021 mendatang.

Dalam gelaran tersebut rencananya akan diikuti sekitar seratus pesepeda yang akan dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masingnya akan disebar ke empat daerah wisata seperti Becak Maju di Kapanewon Tegalrejo, Embung Budaya, Grojogan Tannung di Kapanewon Wirobrajan, dan Dewa Bronto di Kapanewon Mergangsan. Di setiap titiknya telah disediakan bibit pohon untuk ditanam.

"Masing-masing lokasi ini nanti mungkin maksimal 20 sampai 30 biker yang akan melaksanakannya. Jadi total mungkin ada seratus biker," kata Wahyu.

Dirinya menambahkan bahwa dengan memperingati dua hari besar tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengambil makna dengan membiasakan penggunaan sepeda sebagai transportasi non-polusi, serta kesadaran menanam pohon. (*/JAV)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya