Disbudpar Kota Bandung Kembangkan Kampung Wisata dan Co-working Space

Kliknusae.com - Dalam mengarungi tahun 2020, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung akan fokus mengembangkan kampung wisata dan co-working space. Nantinya, Disbudpar Kota Bandung bakal mendorong wisatawan untuk mengunjungi kampung wisata.

"Kita akan memfokuskan kampung wisata menjadi paket wisata di Kota Bandung. Ini bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan," tutur Kepala Sub Bagian Data Program dan Informasi Disbudpar Kota Bandung, Insan Kamil saat kegiatan "Bandung Menjawab" di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (28/1/2020), dikutip dari siaran pers Humas Kota Bandung.

Hingga saat ini, di Kota Bandung telah hadir sejumlah kampung wisata, di antaranya di kawasan Cigadung, Bandung Wetan, dan Braga.

"Rencana tetap fokus mengembangkan kampung wisata dan co-working space. Tahun ini ada Bandung Creative Belt, itu adanya di Cigadung. Ini sebagai upaya pemerintah memberikan opsi lain kepada wisatawan bahwa di Bandung itu banyak destinasi wisata yang dikunjungi," papar Insan.

Di kampung wisata di Cigadung, Disbudpar Kota Bandung akan melibatkan berbagai pengusaha seperti Batik Komar, C 59, dan Rumah Budaya Rosyid. "Kalau mau membatik tinggal ke Batik Komar, tempat pembuatan kaos dan sablon di C59. Juga ada rumah budaya Rosyid sebagai galeri ekonomi kreatif kulit, seperti tas dan sepatu," imbuhnya.

Sementara untuk co-working space, selain Cigadung, terdapat juga di Rancasari dan Bandung Wetan. Tempat ini dihadirkan untuk mendorong aktivasi sebagai bentuk wirausaha baru.

Selain kampung wisata dan co working space, Kota Bandung juga memiliki Calendar of Event 2020. Salah satu agenda terbesarnya yaitu peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan berlangsung April mendatang.

"Calendar of Event terdekat di bulan April ada kegiatan Asia Afrika Festival, peringatan ke-65 KAA. Berbeda dari tahun sebelumnya, ada Asia Afrika Creative Week, yaitu pameran ekonomi kreatif dari berbagai negara Asia Afrika selama sepekan. Jika tidak ada perubahan waktunya mulai 11-18 April 2020," pungkas Insan.***(IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya