DPD PUTRI Bali Membuka Diri Bekerjasama dengan Petani dan UMKM

KLIKNUSAE.com - DPD PUTRI Bali menyatakan sangat membuka diri untuk membangun kolaborasi dengan para petani dam pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Hal itu disampaikan I. G. A. Agung Inda Trimafo Yudha, Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bali dalam siaran persnya, baru-baru ini.

Dan, sebagai komitmen kuat untuk menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder, pada Kamis 16 November 2023 ini dilakukan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatangan MoU tersebut menjadi salah satu agenda utama pada pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Putri Bali, hari ini.

BACA JUGA: DPD PUTRI Bali Usulkan Stimulus Percepatan Pemulihan Pariwisata

Pengurus baru DPD PUTRI Bali kini digawangi oleh I. G. A. Agung Inda Trimafo Yudha (Ketua), I Wayan Wijana (Sekretaris) dan Made Yanie Mason (Bendahara).

Sementara jumlah anggota DPD Putri Bali saat ini mencapai 45 company (perusahaan).

Menurut Inda Trifano--atau akrab disapa Inda, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan hotel, petani, dan UMKM di Bali.

"Kerjasama ini diharapkan bisa  menciptakan pengalaman pariwisata yang lebih baik. Sehingga "kue pariwisata" yang ada di Pulau Dewata ini dapat dinikmati bersama oleh masyarakat Bali," katanya.

BACA JUGA: Rakerda III DPD PUTRI Jawa Barat Lahirkan Rekomendasi, Apa Saja?

Memajukan Sektor Pariwisata

Selanjutnya, keberadaan organisasi ini dan program-programnya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Bali. Yakni, melalui sinergi yang kuat untuk memajukan sektor pariwisata.

Ditambahkan Inda bahwa salah satu fokus utama mereka adalah memberikan ruang bagi PHRI. Termasuk, perusahaan daerah (Perusda) untuk mendukung produk UMKM. Sekaligus juga mengintegrasikannya ke dalam layanan hotel.

Kerjasama seperti ini harapannya dapat memberikan dampak positif bagi seluruh rantai nilai pariwisata di Bali.

Sementara itu Gus Agung, selaku Ketua Bali Tourism Board (BTB) memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif baik DPD Putri Bali.

BACA JUGA: DPC PUTRI Kabupaten Subang Dikukuhkan, Sekali Maju Pantang Mundur

Dia mengapresiasi peran DPD Putri sebagai jembatan antara hotel dan petani, yang diharapkan dapat menghasilkan kerjasama berkelanjutan untuk memajukan pariwisata di Bali.

Pelaksanaan Table Top

Selain agenda formal, DPD Putri Bali juga akan menggelar mini table top yang mengundang pembeli (buyer) dari Asita dan penjual (seller) dari anggota Putri Bali.

Dengan sekitar 30 seller yang sudah terdaftar, table top ini diharapkan dapat menjadi peluang bisnis yang baik.

Sekaligus, memperkuat citra destinasi wisata Bali, dan mendukung promosi oleh anggota Asita sebagai leading sektor travel agent. Acara ini juga akan melibatkan diskusi panel dan bahkan fashion show artifisial.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Salurkan Bantuan Gempa Cianjur, Ada Stimulan Rp60 Juta

Dengan kapasitas gedung yang dapat menampung 300 orang, Inda Trimafo yakin bahwa acara ini akan menarik banyak minat dari berbagai pihak.

Tema acara, 'Balancing Between Culture Safety and Digital Tourism Sustainable', mencerminkan upaya untuk menciptakan keseimbangan antara budaya, keamanan, dan keberlanjutan pariwisata di Bali.

Dengan konsep tersebut kolaborasi ini akan membawa manfaat positif bagi masa depan pariwisata di pulau ini.

Setelah acara pelantikan dan pengukuhan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PUTRI juga akan diselenggarakan di Bali, keesokan harinya, Jumat 17 November 2023.

Harapannya, ini akan menjadi langkah maju bagi destinasi wisata, UMKM. Dan petani di Bali untuk berjalan beriringan dengan perkembangan pariwisata berkualitas. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya