Cerita Dibalik Kehadiran Ciwidey Valley Resort, Kawasan 'One Stop Destination'

KLIKNUSAE.com – Siapa yang tidak kenal “one stop destination” satu ini. Namanya, Ciwidey Valley Resort. Menawarkan keindahan alam pegunungan yang dipadu dengan kearifan lokal.

Berada di kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tempat ini setiap pekan selalu ramai. Bahkan pada moment tertentu juga dipadati pengunjung.

Wahana permainan, spot foto, penginapan, wisata kuliner, hingga wisata belanja dalam satu area wisata ini memang tak hadir begitu saja.

Adalah, Hanjaya (82) Owner Ciwidey Valley Resort punya cerita tersendiri, bagaimana ia akhirnya bisa memberikan objek wisata yang membuat masyarakat jadi bahagia.

BACA JUGA: LPK AMA Institute dan Sari Ater Dukung Pariwisata Berkelanjutan di Ciwidey

“Tahun 2012 silam saya punya teman yang menawarkan lahan disini. Dia bilang ingin dijual saja, karena belum bisa memanfaatkan lahan tersebut, untuk apa,” kata Hanjaya memulai perbicangan ringan dengan Kliknusae.com, Minggu pagi, 19 November 2023.

Tertarik dengan kondisi tanah dan letaknya yang cukup strategis, Hanjaya pun menyanggupi untuk beli tanah tersebut.

"Ada 2 hektar lahan yang ditawarkan, oke saya setuju,” ujarnya.

Sejak itu, Hanjaya tak mau membuang waktu. Setelah semua administrasi transaksi selesai, dirinya langsung membangun 20 cottage.

BACA JUGA: Ini Dia Manisan Kalua Jeruk dari Ciwidey yang Sudah Go Internasional

Di luar dugaan

“Saya iseng saja bangun cottage waktu itu. Kalau memang tidak ada pengunjung, ya saya tempati sendiri. Atau buat kumpul teman-temanlah, begitu,” ungkapnya.

Tapi di luar dugaan, begitu sudah selesai, tak berapa lama, banyak tamu yang berminat menginap di cottage.

“Katanya udara disini, sejuk dan dingin sehingga mereka kemudian sering kembali lagi,” katanya.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, kata Hanjaya, permintaan (reservasi) tamu terus meningkat sehingga banyak juga yang tak kebagian.

BACA JUGA: Serunya Melawat Kawasan Wisata Ciwidey Bersama Amasari Tour & Travel

“Sejak itu, saya mulai menambah beberapa bangunan hotel. Dan, sampai sekarang seperti ini,” kata pria yang masih terlihat gagah ini.

Kliknusae.com yang berkesempatan berkunjung melihat, obyek wisata populer ini memang kemudian menawarkan fasilitas lengkap. Mulai dari resort, waterpark, kolam air panas, hingga playground.

Selain fasilitas lengkap, daya tarik kawasan Ciwidey Valley Resort adalah pemandangan alam yang indah dan asri di sekitarnya.

Ciwidey Valley Resort dikelilingi dengan perkebunan teh dan perbukitan hijau.

BACA JUGA: PHRI Dorong Pembenahan Infrastruktur Jalan Menuju Destinasi Ciwidey

Ikon Ciwidey Valley Resort adalah waterpark dan kolam air panas alami. Selain itu, tersedia beragam penginapan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam hari di kawasan Ciwidey Valley Resort.

Dekat Kawah Putih

Jika penasaran dengan Ciwidey Valley Resort, lokasinya berada di Jalan  Barutunggul KM 17, Rancabali, Ciwidey Bandung.

Ciwidey Valley Resort berjarak sekitar 8 kilometer (km) atau 23 menit berkendaran menuju Kawah Putih yang ikonik.

Ciwidey Valley Resort

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk objek wisata adalah Rp 70.000 per orang. Dengan tarif tersebut, wisatawan bisa menikmati waterpark dan kolam air panas.

Jam buka operasional mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Ciwidey Valley Resort menyediakan beragam tipe penginapan bagi pengunjung. Meliputi, tipe cottage, hotel, dan camping.

Berikut tarif masing-masing tipe penginapan, beserta fasilitasnya:

1. Cottage

Tarif menginap di cottage Ciwidey Valley Resort mulai dari Rp 1, 150.000 untuk standar cottage, family cottage untuk 4 orang Rp. 2,250.000

Tipe cottage berupa rumah saung khas Sunda yang terbuat dari kayu.

BACA JUGA: Festival Kuliner Sunda Sindang Reret, Hadirkan Tradisi Autentik Penuh Cita Rasa

Cottage ini dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, AC, mesin pembuat teh dan kopi, TV, lemari es, meja, dan lainnya. Setiap kamar memiliki teras yang dilengkapi dengan meja dan kursi.

Selain fasilitas standar, para tamu yang menginap mendapatkan akses ke waterpark, kolam air panas, dan Sandbath Spa (khusus pada akhir pekan). Kapasitas cottage ini maksimal dua orang per kamar.

Pilihan Kamar

2. Hotel

Tersedia beberapa jenis kamar hotel di sini, meliputi superior, deluxe, dan LIZ tower. Tarif menginap di kamar tipe superior dibanderol Rp 975.500 per malam.

Sementara, tarif menginap di kamar tipe deluxe dibanderol Rp 1,850.000 juta dan LIZ tower sebesar Rp 2,5 juta per malam. Selain fasilitas standar hotel, para tamu yang menginap mendapatkan akses ke waterpark, kolam air panas, dan Sandbath Spa (khusus pada akhir pekan).

Kapasitas hotel tipe superior adalah untuk dua orang. Sementara, tipe kamar deluxe dan LIZ tower mampu menampung hingga empat orang.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Outdoor di Bandung Raya, Keren Habis

3. Camping

Jika wisatawan ingin merasakan sensasi menginap di alam terbuka, maka bisa memilih tipe penginapan camping. Tarifnya mulai dari Rp 1.570.000 per malam untuk empat orang.

Tamu akan menginap di sebuah tenda yang telah disediakan. Fasilitasnya mencakup sarapan, wifi, area parkir, dan sebagainya. Serupa, para tamu juga mendapatkan akses ke waterpark, kolam air panas, dan Sandbath Spa (khusus pada akhir pekan).

Aktivitas Pengunjung

Berikut sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Ciwidey Valley Resort.

1. Bermain di waterpark

Salah satu daya tarik Ciwidey Valley Resort adalah waterpark yang dilengkapi beragam wahana permainan, seperti ember tumpah dan perosotan. Waterpark ini cocok bagi anak-anak hingga dewasa.

BACA JUGA: Serunya Camping dan Trekking di Ranca Cangkuang Gambung

2. Berendam di kolam air panas

Ciwidey Valley Resort juga menawarkan pengalaman mandi di kolam air panas alami. Tersedia kolam untuk anak-anak hingga dewasa.

Aktivitas di waterpark dan kolam air panas sudah termasuk dalam tiket masuk Ciwidey Valley Resort.

3. Mengunjungi taman

Ciwidey Valley Resort juga menyediakan fasilitas taman bagi pengunjung yakni Taman Kartanegera. Taman ini ditata dengan apik sehingga bisa menjadi spot foto Instagramable.

BACA JUGA: Saat yang Tepat Menikmati Sari Ater Beach Campervan Park Karang Nini

4. Menginap di cottage

Berendam Pasir Hangat

Seperti disampaikan sebelumnya, Ciwidey Valley Resort menyediakan beragam tipe penginapan, yakni cottage, hotel, dan camping. Tarifnya mulai dari Rp 975.000 hingga Rp 2,5 juta per malam.

Ada beragam fasilitas yang diberikan pada tamu, termasuk akses gratis ke waterpark, kolam air panas, dan Sandbath Spa.

5. Sandbath Spa

Sandbath Spa adalah fasilitas spa dengan berendam di pasir hangat yang disediakan khusus untuk relaksasi. Teknik   Sandbath Spa ini berasal dari Jepang sejak 1914, seperti dikutip dari Instagram @resortciwideyvalley.

BACA JUGA: Cerita Abah Saleem, Pakai Jeep Willys 1953 Dari Kupang ke Sari Ater Subang

Sandbath Spa ini memiliki sejumlah manfaat seperti mengobati anemia, asma, hingga menurunkan berat badan. Sembari menikmati fasilitas spa, pengunjung akan disajikan suasana dan alunan musik khas Jepang.

Sandbath Spa di Ciwidey Valley Resort ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

6. Bermain di playground

Jika datang bersama anak-anak, pengunjung bisa bermain di area bermain anak atau playground. Ada beragam wahana permainan yang tersedia di playground, mulai dari perosotan, ayunan, replika balon udara, dan sebagainya.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya