Daop 3 Cirebon Mencatat Terjadi Lonjakan Penumpang Selama Libur Idul Adha

KLIKNUSAE.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat lonjakan penumpang yang signifikan selama libur Idul Adha 1444 Hijriah.

Dalam sebuah wawancara dengan Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, di Cirebon pada hari Minggu, terungkap bahwa jumlah penumpang yang turun di wilayah tersebut meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Data yang dirilis menunjukkan bahwa pada tanggal 27 Juni 2023, sebanyak 3.453 orang turun di Daop 3 Cirebon menggunakan jasa kereta api.

Angka tersebut meningkat menjadi 4.860 orang pada tanggal 28 Juni 2023. Menurut Ayep, pada hari-hari biasa, jumlah penumpang yang turun di wilayah tersebut berkisar antara 1.500 hingga 2.000 orang.

BACA JUGA: Reaktivasi Kereta Api Sawahluto-Muaro Kalaban Padang Hidupkan Pariwisata Baru

Ayep menjelaskan bahwa sebelum Idul Adha 1444 Hijriah, jumlah penumpang di Daop 3 Cirebon cenderung menurun, namun setelah lebaran, peningkatan jumlah penumpang yang menuju ke daerah masing-masing menjadi dominan.

Bahkan sebelum lebaran, terdapat peningkatan penumpang dibandingkan hari-hari biasa.

Potongan Harga Tiket

Selain itu, dalam rangka libur sekolah, KAI Cirebon juga memberikan potongan harga tiket hingga 25 persen dari harga normal untuk KA Ranggajati tujuan Cirebon ke Jember.

Masyarakat dapat membeli tiket dengan potongan harga ini pada tanggal 21 hingga 24 Juni 2023, untuk keberangkatan periode libur sekolah mulai tanggal 25 Juni hingga 9 Juli 2023.

BACA JUGA: Tiket Murah Kereta Daop 3 Cirebon untuk Berwisata, Ini Daftarnya

Tiket dengan potongan harga tersebut dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, atau melalui saluran penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI.

Harga normal tiket KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember untuk kelas eksekutif berkisar antara Rp410 ribu hingga Rp555 ribu.

Sementara kelas bisnis berkisar antara Rp310 ribu hingga Rp390 ribu. Untuk relasi Cirebon-Yogyakarta, harga tiket kelas eksekutif berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp335 ribu.

BACA JUGA: Mudik Naik Kereta, Perhatikan Waktu Perjalanan ke Stasiun

Sedangkan kelas bisnis berkisar antara Rp190 ribu hingga Rp235 ribu.

Ayep menekankan bahwa selama periode pembelian tiket libur sekolah, pengguna jasa kereta api dapat menikmati potongan harga sebesar 25 persen dari harga normal.

Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih terjangkau dan memanfaatkan sarana transportasi kereta api yang nyaman dan efisien.***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya