Hingga H+3 Lebaran 2023, Sudah 300 Ribu Wisatawan Kunjungi Pangandaran

KLIKNUSAE.com – Sampai H+3 Libur Lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah tercatat sudah 300.649 wisatawan kunjungi Pangandaran, Jawa Barat.

“Sampai pagi ini, beberapa titik wisata, seperti di Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran masih cukup ramai,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana ketika dihubungi Kliknusae.com, Kamis 27 April 2023.

Menurut Agus, selama libur lebaran seluruh objek wisata yang ada di Pangandaran dipadati pengunjungi.

Untuk Pantai Pangandaran sejak H-1 lebaran hingga H+3 jumlah pengunjung mencapai 220.766 orang.

Kemudian Batukaras (44.972), Karapyak (19.093), Batu Hiu (12.909), dan Green Canyon (2.909).

BACA JUGA: Industri Pariwisata Pangandaran Dorong Percepatan Akses Tol dan KA

“Secara umum, semua berjalan lancar. Tidak ada kejadian apa-apa. Hal ini juga didukung oleh kesiapan petugas yang melakukan pengawaan di semua titik objek wisata yang ada,” jelas Agus.

Diharapkan, wisatawan kunjungi Pangandaran masih akan berlangsung ramai hingga 1 mei 2023 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar melakukan monitoring evaluasi ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sumedang dan Majalengka, Selasa 25 April 2023.

Kegiatan tersebut ditujukan untuk melihat langsung pergerakan wisatawan pada masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sebelumnya Kadisparbud memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan ke Jawa Barat akan naik sekitar 30 persen.

Untuk itu, Disparbud Jabar mengecek langsung kondisi di lapangan serta mengevaluasi hal apa saja yang harus diperbaiki.

“Kami dari Disparbud Jabar mengadakan monitoring ke beberapa destinasi wisata. Ada beberapa tempat yang tingkat kunjungan wisatawannya sangat tinggi sehingga perlu ada pembenahan terutama mengenai akses,” kata Benny.

Tim dari Disparbud Jabar disebar ke beberapa destinasi favorit yang ada di wilayah Bandung Raya, Bogor Raya, serta Pagandaran.

BACA JUGA: Menyambut Libur Lebaran 2023, Air Panas Sari Ater Buka 24 Jam

Kadisparbud sendiri meninjau sejumlah destinasi unggulan seperti Taman Seribu Cahaya, Waduk Jatigede, Terasering Panyaweuyan, dan Situ Cipanten.

Terasering Panyaweuyan

Secara umum, tak ada kendala apapun di seluruh titik monitoring.

Namun Kadisparbud tetap memberi masukan khususnya kepada pengelola Terasering Panyaweuyan dan Situ Cipanten demi meningkatkan kepuasan wisatawan.

BACA JUGA: Pelaku Pariwisata Sumedang Anggap Penerapan Tarif Tol Cisumdawu Kurang Tepat

“Untuk Terasering Panyaweuyan sebaiknya dibuatkan atraksi-atraksi supaya memberikan daya tarik tersendiri. Hal tersebut tentu akan memberi dampak positif bagi masyarakat di sekitar,” ucap Kadisparbud.

“Selain itu di Situ Cipanten juga luar biasa. Mudah-mudahan ke depan bisa dikelola secara lebih profesional dan tertata secara lebih baik,” tambahnya.

Dibagian lain, Ketua PHRI Kabupaten Sumedang Nana Mulyana mengemukakan saat ini kondisi kunjungan wisatawan mulai melandai.

“Kalau kunjungan wisatawan masih ramai sampai hari ini. Tetapi volumenya tidak setinggi pada saat H+1 dan H+2 Lebaran,” kata Nana. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya