H+2 Libur Idul Fitri, Kendaraan Memasuki Lembang Mencapai 13.136 Unit

KLIKNUSAE.com  - Memasuki H+2 libur Idul Fitri kendaraan bermotor dari berbagai jenis yang memasuki Lembang, Kabupaten Bandung Barat  mencapai 13.136 unit.

"Itu adalah jumlah kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih yang masuk Lembang dari arah Selatan yakni Kota Bandung atau Cimahi," kata Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Bandung Barat Didin Muslihuddin, Senin 24 April 2023.

BACA JUGA: Cara Menghindari Kemacetan Lembang Saat Hendak Ke Objek Wisata

Data tersebut, kata Didin, adalah perhitungan dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

"Adapun untuk arah sebaliknya, ada 12.471 kendaraan yang keluar Lembang ke Selatan," ucapnya.

Untuk trennya, lanjut Didin, arus lalu lintas ke arah objek wisata di kawasan Lembang dalam libur lebaran 2023 ini, memang mengalami peningkatan

Di mana pada tanggal 22 April 2023 atau hari Idul Fitri 1444 Hijriah ada 18.950 kendaraan. Sementara tanggal 23 April 2023 atau H+1 ada 19.269 kendaraan menuju Lembang.

BACA JUGA: Sampurasun! Nikmatnya Makanan Sunda di Sapulidi Lembang

Adapun kendaraan yang keluar Lembang ke arah Selatan pada 22 April 2023 ada 18.753 kendaraan. Dan, pada  tanggal 23 April 2023 ada 21.997 kendaraan.

Dalam mengantisipasi kepadatan yang berlebihan, Didin mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan kepolisian untuk merekayasa lalu lintas.

Polsek

Yakni melakukan skema satu arah atau one way untuk arah Bandung ke Lembang.

"Skema itu kami sesuaikan di beberapa titik. Seperti di depan Grand Hotel Lembang dan The Great Asia Africa,” jelasnya.

”Kemudian melakukan kanalisasi sejak H-2 lalu di Simpang Beatrix sampai Grand Hotel Lembang. Lalu di The Great Asia Africa sampai belokan taman makam pahlawan," sambung Didin.

BACA JUGA: Di Garut, Warga Rayakan Idul Fitri Dengan Silahturami Virtual

Sementara untuk ke arah Selatan, tambah Didin, pihak Dishub dan kepolisian melakukan pengalihan arus.

Skemanya, dengan mengarahkan kendaraan menuju ke Punclut dan Dago Giri untuk arah Bandung. Sementara untuk arah Cimahi diarahkan menuju Parongpong.

"Cara tersebut diberlakukan tidak seterusnya tapi saat lalu lintas terjadi penumpukan cukup parah,” papar Didin.

Namun jika harus dialihkan, pihaknya  sudah menempatkan penunjuk arah portabel untuk berbagai tujuan baik ke Bandung dan Cimahi agar warga tidak kebingungan. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya