Ruas Jalan Tol Cisumdawu Sudah Bisa Beroperasi di Libur Nataru 2022-2023

KLIKNUSAE.com – Ruas jalan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) sudah bisa digunakan saat libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023.

Hal ini berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu tertanggal 11 November 2022.

Nantinya, ruas jalan  tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka sudah bisa dilalui masyarakat yang ingin melakukan liburan akhir tahun dan tahun baru.

Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.

BACA JUGA: Beberapa Kendaraan Tertimpa Batu di Cadas Pangeran Sumedang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan untuk mendukung libur Nataru Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan.

“Kesiapan ini juga kita dukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap,” kata Basuki seperti dikutip Kliknusae.com dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat 9 Desember 2022.

Selain Tol Cisumdawu, juga ada tol lainnya yang disiapkan fungsional mendukung arus lalu lintas Nataru.

Seperti, jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Pengendali Banjir Bandara YIA

Kemudian, ruas tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi tertanggal 23 September 2022. Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km.

Dimana,  saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 99,2%. Penyelesaian sisa pekerjaan minor dan Uji Laik Fungsi akan dilaksanakan pada mingu pertama Desember 2022.

Tol Ciawi Seksi 2 Cigombong

Lalu, jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Pada ruas ini masih menyisakan pekerjaan penyelesaian Jembatan Cibadak di KM15+100-KM15+360.

Pengerjaannya ditargetkan selesai 17 Desember 2022 dan di KM18+675-KM18+925 targetnya selesai 20 Desember 2022.

BACA JUGA: Pelaku Pariwisata Sumedang Minta Pemprov Jabar Antisipasi Pembukaan Tol Cisumdawu

Di luar pulau Jawa, Kementerian PUPR juga melakukan percepatan jalan tol supaya bisa digunakan masyarakat untuk liburan akhir tahun.

Salah satunya , jalan tol  Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km.

Progres konstruksi Tol Tebing Tinggi-Indrapura  ini sudah sebesar 94,7% dengan target selesai akhir Desember 2022.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Triono Junoasmono mengatakan berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.

“Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus Nataru,” kata Yongki, sapaan akrab Triono Junoasmono saat mendampingi Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara, belum lama ini. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya