Kota Blitar Bertahan di Level 1, Ini 5 Objek Wisata Paling Hits 2021

KLIKNUSAE.com – Kota Blitar di Jawa Timur masih bertengger di posisi level 1 PPKM. Berbagai kegiatan masyarakat pun mulai mendapagkan kelonggaran maksimal.

Sebagaimana ditetapkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021, selain Blitra, ada empat daerah lainnya yang menerapkan PPKM Level 1.

Keempat daerah tersebut, yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, dan Kota Kediri.

Nah, buat kalian yang pekan ini ingin melakukan perjalanan liburan di Kota Blitar, banyak objek wisata mengagumkan yang wajib dikunjungi.

BACA JUGA: Kampung Wisata Jeglongan Sewu Blitar, Bentuk Protes Warga terhadap Pemerintah

Tempat Wisata di Blitar ini Tawarkan Pesona Mengagumkan yang Patut Dikunjungi. Berencana untuk liburan ke Blitar? Periksa terlebih dahulu pilihan tempat wisata di Blitar terbaik berikut agar Anda tidak menyesal saat liburan ke sana.

Berikut daftar tempat wisata di Blitar yang bisa membuat liburan Anda bersama keluarga semakin seru dan berkesan.

1. Makam Bung Karno

Mengawali pembahasan terkait tempat wisata Blitar Jawa Timur akan mulai membahas tentang makam salah satu tokoh negara yakni Ir. Soekarno.

Beliau merupakan Presiden pertama Indonesia yang memperjuangkan tanah air mulai dari pergolakan negeri hingga mendapatkan kemerdekaan.

Untuk Anda yang sedang liburan atau berencana untuk berkunjung ke Blitar, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata Blitar ini.

BACA JUGA: 20 Objek Wisata Uji Coba Tahap II Siap Beroperasi, Ini Daftarnya

Lokasi dari Makam Bung Karno sendiri yaitu berada di Jalan Ir. Soekarno No 152 Bendogerit Kota Blitar.

Para pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk karena pihak pengelola tidak menetapkan tarif kunjungan.

Tidak hanya berziarah ke makam sang Proklamator, di sana Anda juga bisa berkunjung ke museum.

Ada banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang bisa lihat di museum dari sebelum merdeka hingga setelah memperoleh kemerdekaan. Saat berkunjung ke museum jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda dapatkan di sana ya!

2. Candi Sawentar

Objek wisata di Blitar selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Candi Sawentar yang merupakan salah satu wisata candi terkenal.

Untuk lokasi dari Candi Sawentar sendiri berada di Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro, Blitar.

Candi Sawentar ini kemungkinan dibangun pada awal berdirinya kerajaan Majapahit. Ada juga yang mengatakan bahwa candi ini dibangun pada awal abad XIII yang mana merupakan hasil kesenian periode Kerajaan Singosari.

BACA JUGA: 20 Objek Wisata Uji Coba Tahap II Siap Beroperasi, Ini Daftarnya

Dari banyaknya destinasi wisata di Blitar, wisata Candi Sawentar bisa dibilang murah meriah. Mengapa demikian? Para pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Hanya saja untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi maka akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2 ribuan. Bagi Anda yang suka berwisata sejarah pastikan untuk mengunjunginya saat di Blitar ya!

3. Monumen Trisula

Tempat wisata di Blitar berikutnya yang juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama muda mudi adalah Monumen Trisula.

Tujuan dari pembangunan monumen ini yaitu Trisula untuk mengenang terjadinya pembantaian PKI di daerah Blitar selatan.

Objek wisata ini tidak hanya menawarkan bangunan monumen saja. Tetapi juga ada bangunan-bangunan yang dulunya dipakai sebagai pusat komandan operasi trisula.

BACA JUGA: Ingin Berlibur di Jakarta, Ini 5 Objek Wisata Yang Sudah Buka

Monumen ini diresmikan oleh M. Yesi Letnal Jendral TNI AD pada tanggal 18 Desember 1972 Letnal Jendral TNI AD.

Bagi Anda yang berencana untuk ke sana saat akhir pekan nanti, Monumen Trisula berlokasi di Jl Trisula Bakung Utara, Blitar.

Objek wisata di Blitar ini bisa ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan lokasinya, maka sebaiknya pakai aplikasi Google Maps agar tidak tersesat. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri yaitu sekitar 1 jaman dari pusat kota.

4. Pantai Peh Pulo

Selain objek wisata sejarah, Blitar juga memiliki banyak destinasi wisata pantai yang tidak kalah bagus dan mengagumkan.

Salah satu objek wisata pantai yang wajib untuk Anda kunjungi saat sedang liburan ke Blitar yaitu Pantai Peh Pulo.

Nah, untuk Anda yang ingin melihat keindahan Raja Ampat di Papua, tidak perlu jauh-jauh ke sana. Pasalnya di Blitar memiliki pantai yang menawarkan pesona hampir mirip dengan Raja Ampat jika dilihat dari kejauhan.

BACA JUGA: Pelaku Pariwisata Sumedang Minta Pemda Izinkan Objek Wisata Dibuka, Ini Alasannya

Selain menawarkan pemandangan ombak yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik dan bersih.

Menariknya lagi, bagi setiap pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis.

Hanya saja, para pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 saja. Bagaimana, tertarik untuk liburan ke wisata alam Blitar ini?

5. Water Park Sumber Udel

Water Park Sumber Udel merupakan salah satu tempat wisata anak di Blitar yang sangat populer.

Hal tersebut dapat dilihat dari tidak pernah sepinya tempat wisata ini apalagi saat akhir pekan atau musim liburan tiba.

Seperti yang diketahui, water park ini adalah salah satu kolam renang dengan fasilitas bermain terbesar yang ada di Kota Blitar.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Startup Berdayakan Potensi UMKM

Untuk lokasinya sendiri berada di Kelurahan Kepanjenkidul, Kota Blitar atau lebih tepatnya 1 km dari Aloon-Aloon.

Daya tarik dari objek wisata ini yaitu terdapat 3 kolam renang utama yang disesuaikan dengan usia pengunjung.

Kolam waterpark sangat cocok untuk lokasi bermain anak-anak dan kolam standar untuk mereka yang ingin belajar renang.

Nah, Anda tentu penasaran dengan harga tiket masuk di Water Park Sumber Udel. Tarif tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu 10 ribu untuk hari biasa dan 15 ribu saat akhir pekan.

Jam operasional dari objek wisata waterpark Sumber Udel ini mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Lokasinya yang tidak jauh dari Makam Bung Karno tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya