Tahun Ini ARTJOG Kembali Digelar Dengan Konsep Hybrid

KLIKNUSAE.COM – ARTJOG kembali digelar tahun ini. Gelaran tersebut dibuka mulai Kamis, 8 Juli 2021 dengan paduan konsep luring dan daring. Pemerintah lewat Kemenparekraf turut mendukung acara ini.

Selain program edukasi publik Curatorial Tour dan Meet the Artist, tahun ini acara tersebut akan menggelar program andalannya seperti Special Project, Young Artists Awards, dan Daily Performance.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa ARTJOG bisa menjadi ruang temu bagi karya seni dengan masyarakat luas. Acara ini juga menjadi salah satu bukti produktifitas karya dari seni rupa Indonesia.

"Kami mengapresiasi resiliensi ARTJOG selama lebih dari satu dekade sebagai ruang pertemuan dan pertukaran gagasan dalam kesenian dan kreativitas para seniman terbaik Indonesia. Upaya ini menandakan kebangkitan industri ekonomi kreatif hadir dalam dimensi ruang dan waktu tertentu sebagai perwujudan kesadaran bersama untuk beradaptasi dengan normal yang baru,” kata Sandiaga, dilansir Kliknusae dari Antara, Rabu, 7 Juli 2021.

Sandiaga juga mengungkapkan dukungannya atas komitmen ARTJOG yang memberikan gairah terhadap seniman kontemporer, juga menjadi ruang edukasi bagi masyarakat.

Baca Juga: Ngamen Bareng KPJ Bandung, Dibubarkan Hingga Diberi Janji Oleh Disbudpar

"Dengan kehadiran pameran seperti ini, dapat membuka kesempatan dan akses untuk seniman-seniman Indonesia agar berdaya saing sekaligus mempercepat laju perekonomian bangsa," katanya.

Pergelaran ini akan diselenggarakan dengan konsep kombinasi antara luring dan daring. Pameran akan dibuka pada 8 Juli 2021.

"Acara ini akan menerapkan sistem kunjungan terbatas dan protokol kesehatan yang berlaku. Namun, dalam kurun waktu pemberlakukan kebijakan PPKM Darurat, acara ini belum dapat dikunjungi oleh khalayak umum," kata Sandiaga.

Expanded ArtJog akan tetap hadir sebagai program jangka panjang. Kolaborasi dengan  pihak dokumentasi juga tengah dijalin guna memberikan pengalaman yang berbeda pengunjung.

Sementara ARTJOG bekerjasama dengan ArtCare Indonesia untuk menghimpun kepedulian seniman terhadap kondisi pagebluk yang tak kunjung reda ini. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya