"Road to Jambore CVI" Gelar Acara Camping Bersama di Campervan Park Ciater

CIATER, Kliknusae.com - Perkumpulan Camper Van Indonesia (CVI) kembali menggelar acara kemah bersama di kawasan Campervan Park, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat mulai Sabtu-Minggu (13-14/3/2021).

Event yang diikuti sekitar 100 peserta ini merupakan rangkaian Road to Jambore Camper Van Indonesia yang akan berlangsung di Bali pada Juni 2021.

Mereka berasal dari berbagai daerah mulai dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek), Purwokerto (Jawa Tengah), Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning, Jawa Barat), Bandung Raya, Sukabumi, Cilegon, serta Serang Banten.

Humas Camper Van Indonesia Subhan Hadi Susilo ketika ditemui Kliknusae.com, Minggu (14/03/2021) menjelaskan bahwa sebelum menggelar acara di Campervan Park-- yang masuk dalam kawasan wisata Taman Rekreasi Sari Ater, pihaknya sudah melakukan event serupa di beberapa daerah.

"Ada beberapa tempat yang sudah kita kunjungi. Semua berjalan lancar. Dan untuk di Ciater ini, jumlah pesertanya makin bertambah. Sebetulnya, kalau tidak dalam kondisi Covid-19 masih banyak yang ingin ikut," kata Subhan.

Beberapa lokasi yang pernah disinggahi anggota CVI adalah Telaga Surian Kuningan pada Juni 2020. Lokasi ini menjadi tempat pertama yang dikunjungi CVI. Saat itu peserta yang ikut sebanyak  30 kendaraan (KR).

Kemudian berlanjut di Praban Lintang, Tegal  pada November 2020 dengan peserta yang ikut mencapai 50 KR.

"Nah, yang ketiga ini kita kembali ke Ciater. Lokasinya memang sangat menarik dan mumpuni untuk jumlah peserta yang banyak. Namun demikian, tetap kita melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Sementara itu, beberapa peserta Campervan yang ikut dalam kegiatan "ngariung bareng" ini menyatakan rasa senang karena bisa memperoleh udara segara di kawasan pegunungan.

"Jujur saja, saya menyesal datang kesini sendirian. Tadinya, saya pikir hanya mereka yang memiliki mobil Campervan saja bisa ikut. Ternyata, mobil biasa saja juga bisa, tinggal bawa tenda. Kalau liat begini, istri dan anak saya pasti marah-marah gak diajak," kata Mas Bans, salah satu youtuber yang ikut dalam acara ini.

Lain lagi yang disampaikan Dandi, dia merasa terkejut melihat area Campervan Park Ciater yang cukup luas, bersih dan udaranya sejuk.

"Gimana ya, seneng banget pokoknya. Anak-anak juga suka karena selain tempatnya luas, juga ada air panasnya itu. Pengennya mereka nyemplung terus ke sungai," ungkap Dandi saat dimintai tanggapannya soal arena Campervan Park tersebut.

Selain ajang silahturahmi sesama anggota CVI, kemah bersama ini juga di isi dengan kegiatan sosial donor darah.

Para peserta yang memiliki kelayakan untuk memberikan donor darah dengan suka rela ikut menyumbangkan darah bekerja sama dengan Sari Ater Hotel & Resort.

"Untuk donor darah ini menjadi rangkaian kegiatan kita dalam menyambut HUT Sari Ater yang ke- 47 yang jatuh pada tanggal 3 Maret lalu. Alhamdullilah, antusiasme komunitas CVI yang ikut donor darah PMI Subang ini cukup banyak," kata General Manager Sari Ater Hotel & Resort Ari Hermowo.

Sejarah Terbentuknya Camper Van Indonesia

Perkumpulan Camper Van Indonesia (CVI) dicetuskan pertama kali oleh beberapa orang penggiat kemping bermobil pada tanggal 29 Septeber 2019.

Pada saat itu diadakan acara kopi darat (Kopdar) di Bandara Kertajati, Majalengka,  Jawa Barat

Siapa Para Pendirinya?

"Perkumpulan Camper Van Indonesia secara resmi didirikan dengan membuat Akta Notaris yang ditandatangani oleh 16 orang pendiri," kata Subhan.

Dimana CVI mempunyai visi Menjadi Perkumpulan Otomotif kebanggaan bangsa Indonesia yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi para anggotanya, masyarakat sekitar, bangsa dan negara.

Camper Van Indonesia juga mempunyai misi diantaranya, menyediakan data-base informasi dan referensi lokasi yang dapat digunakan untuk kemping menggunakan mobil di seluruh wilayah Indonesia.

Menyediakan forum diskusi tentang pengetahuan dalam membangun sebuah campervan  seperti modifikasi, kelistrikan dan sarana yang diperlukan lainnya.

Menyelenggarakan pelatihan yang berhubungan dengan tertib lalu lintas dan keselamatan berkendara.

Menggalang kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan secara umum khususnya  Nomadic Torism.

Menjalin hubungan baik dengan Ikatan Mobil Indonesia (IMI), organisasi -organisasi dan/atau perkumpulan - perkumpulan otomotif lainnya, penyedia/pengelola lokasi wisata dan sarana pendukung lainnya.

Dan, mencari, memfasilitasi dan membuka area baru untuk dijadikan tempat kemping bermobil (Campervan Park/Site).

Pengurus Camper Van Indonesia terdiri dari Ketua Muhamad Slamet, Sekretaris  Renato Poetra Fajar, Bendahara Anton dan Humas Subhan Hadi Susilo

Menurut Subhan, di beberapa daerah sudah terbentuk pengurus wilayah sesuai dengan kondisinya masing-masing, diantaranya: CVI Bali, CVI Jawa Barat, CVI Jateng-DIY, CVI Jawa Timur, CVI Sriwijaya, CVI Riau

Untuk anggota Camper Van Indonesia berasal dari berbagai latar belakang profesi dan strata sosial. Usia para anggota berada pada rentang antara 30 hingga diatas 60 tahun.

Jumlah anggota yang tergabung dalam grup FB Camper Van Indonesia saat ini sudah lebih dari 11.000 orang.

Lalu unit mobil apa saja yang tergabung di CVI?

"Semua jenis mobil bisa bergabung menjadi anggota Camper Van Indonesia, mulai dari jenis Sedan,Jeep, LGCC, Bus, Truk, Minibus dan lainnya," jelas Subhan.

Seperti apa pula yang istimewa dan membedakan komunitas ini dengan perkumpulan lainnya?

"Yang unik dari CVI ini adalah tidak membedakan jenis dan merk mobil. Jadi yang mau jadi anggota, bebas memodifikasi mobilnya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Yang penting, dalam berkegiatannya bisa menguatkan ikatan keluarga, mengusung konsep selalu berada di rumah meskipun saat melakukan kegiatan berkemah karena "Home is Where We Park Our Car", papar Subhan.

Camper Van Indonesia percaya bahwa kegiatan Kemping bermobil yang dilakukan senantiasa membawa kebahagiaan bagi setiap individu yang menjalaninya.

Ditanya syarat apa saja agar bisa menjadi anggota CVI, Subhan menjelaskan bahwa untuk bergabung dalam grup FB Camper Van Indonesia tidak ada persyaratan khusus. Cukup menjawab pertanyaan Admin.

"Kedepannya untuk menjadi anggota resmi yang terdaftar akan ditentukan syarat-syaratnya sesuai AD/ART Perkumpulan Camper Van Indonesia," tandasnya.

Terkait kegiatan rutin sebelum dan seduah pandemi, lanjutnya, tidak ada perbedaaan kegiatan selain penerapan Protokol Kesehatan.

"Ya, untuk kegiatan rutin setiap minggu adalah Kemping bersama dalam grup kecil yang terdiri dari 5 - 8 mobil," katanya.

Sementara untuk kegiatan bulanan Kemping bersama di masing-masing wilayah dan pada momen-momen liburan panjang dibuatkan kegiatan Overland antar kota antar propinsi bahkan antar pulau.

"Kegiatan Tahunan: Jambore Nasional Camper Van Indonesia dimana untuk pertama kali direncanakan diadakan di Pulau Bali," tutupnya. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya