Desa Wisata Pentingsari Sudah Go Internasional, Ada Apa Ya di Sana?

SLEMAN, Kliknusae.com - Lewat akun sosmednya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyebutkan bahwa Desa Pentingsari menjadi wajah komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman. Setelah belasan tahun dikembangkan, kawasan ini mampu menjadi salah satu destinasi wisata tersohor di tingkat daerah bahkan global.

"Desa wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi ini, masuk dalam 100 top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019," tulis Kustini di akun Instagram @kustinisripurnomo.

Global Green Destinations sendiri merupakan organisasi non-profit yang berkonsentrasi pada destinasi wisata yang ramah lingkungan.

Dirinya melanjutkan, Sepak terjang desa wisata tak lepas dari perjuangan warga yang ingin memiliki nilai tambah lewat sektor pariwisata. Tanpa meninggalkan esensi dari sektor pertanian yang telah menjadi budaya di desa Pentingsari dari masa ke masa. Kampung ini lalu dimodifikasi sedemikian rupa menjadi sebuah desa wisata.

Kegiatan warga sehari-hari yakni bertani. Hali itu pula yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Berada di desa ini, wisatawan akan diajak berkegiatan dan mendapat pengalaman yang menarik," kata Kustini.

Di Desa Pentingsari, wisatawan bisa belajar mengenai alam, lingkungan, perkebunan, kehidupan sosial budaya, dan beragam seni tradisional. Sementara program wisata desa yang bisa diikuti antara lain live in, kemah, trekking, dan kegiatan outbound lainnya.

Desa yang termasuk dalam 100 destinasi ramah lingkungan versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019 ini juga jadi salahsatu pelopor konsep desa wisata di Yogyakarta, tepatnya Sleman.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya