Gandeng 16 Mitra, Kemenparekraf Perkuat Sektor Pariwisata

JAKARTA, Kliknusae.com - Sektor pariwisata Indonesia di masa pandemi Covid-19 terus didorong agar tetap berjalan dan kembali bisa memberikan kontribusi terhadap perputaran ekonomi.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng beberapa mitra dalam menjalankan program memajukan pariwisata Indonesia.

"Kita bermitra untuk meningkatkan brand value, brand equity. Jadi untuk meningkatkan brand kita harus kerja sama, dan ini sudah sejak 2016 kita kerja sama dengan beberapa mitra yang berkaitan, ada 16 mitra di Jakarta," kata Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, usai acara 'Wonderful Day with Wonderful Indonesia' di Jakarta Pusat, Senin (7/12/2020).

Nia berharap kerja sama ini akan memberikan dampak jangka panjang, tidak hanya di kala pandemi Covid-19.

Seluruh kemitraan ini juga telah dipastikan memberikan masukan yang baik dalam membantu memajukan sektor pariwisata Indonesia.

Ia menjelaskan, menjalin kerja sama dengan beberapa mitra dari dalam negeri telah sesuai dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional.

Terdapat empat pilar yang berguna mendorong sektor dan industri pariwisata, diantaranya pengembangan pasar, pembangunan citra, promosi dan kemitraan.

Dengan bekerja sama dengan 16 mitra ini, Nia juga berharap dapat meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara dan kunjungan wisatawan mancanegara. Sehingga perekonomian Indonesia dapat kembali berjalan seperti sediakala dengan bantuan sektor pariwisata.

"Program-program yang dihasilkan dari Kemitraan Pemasaran ini akan meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara dan kunjungan wisatawan mancanegara serta nilai dari sektor ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, kriya," tuturnya.

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari program kemitraan yang telah terlaksana di Bali pada 9 November lalu.

Nia menuturkan ada 12 kemitraan di Bali yang telah bekerja sama dengan Kemenparekraf. Sehingga ada total 28 kemitraan yang telah berkomitmen dengan Kemenparekraf untuk menumbuhkan sektor pariwisata.

Sementara itu, 16 mitra yang melakukan tanda tangan kerja sama saat ini antara lain BRI, Nutrifood, ASENSI, Kereta Api Pariwisata, Dapur Batavia, Trac Astra, Hydrococo, Handy Clean, tiket.com, Sarimunik, Batavia Cafa©, White Horse, Mie Batavia, Dunia Fantasi, Sweet Escape, dan KARA.

"Kombinasi mitra yang memiliki karakteristik pasar masing-masing, diharapkan mampu membantu akselerasi kegiatan pemasaran Kemenparekraf untuk kembali menggiatkan kepariwisataan Indonesia dalam mendorong wisatanan pergerakan nusantara serta mendatangkan wisatawan mancanegara," tutupnya. (cnni/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya