Ketua Kadin Baru Cucu Sutara: Kita Lagi Susah Sekarang, Saatnya Bangkit

KLIKNUSAE.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara secara berapi-api mengingatkan para anggota kepengurusan Sisa Masa Bakti 2019-2020.

Ia meminta para pengurus bisa bekerja secara sungguh-sungguh dalam membangun organisasi.

"Seluruh keluarga besar Kadin Jawa Barat yang selama ini terus berjuang, bagaimana melakukan perubahan yang terbaik di Kadin Jabar. Bagaimana,  kita punya tagline Kadin Karasa Jabar Juara," Cucu dalam pidato pertamanya setelah secara resmi dilantik sebagai Ketua Kadin "pembaharuan" Jabar di The Trans Luxury Studio Bandung, Kamis (21/10/2020).

Menurutnya, pelantikan kepenuruhsan bukan hanya serimonial  saja, tetapi bagaimana kita bisa action untuk perbaikan ekonomi Jawa Barat.

BACA JUGA: Kadin Jabar Ingin Pemilu 2024 Menjadi Momen Kebangkitan Ekonomi Lokal

Cucu Sutara terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) di Purwakarta awal September 2020 lalu.

Selain melantik Dewan Pengurus, juga dikukuhkan Dewan Penasehat, dan Dewan Pertimbangan. Tokoh pariwisata sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar didaulat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jabar.

Hal tersebut sebagaimana Keputusan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor: Skep/ 039/ DP/ IX/ 2020 tanggal 10 September 2020.

Dan mengesahkan Penyempurnaan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jawa Barat sisa masa bakti 2019-2024.

BACA JUGA: Kadin Sebut Anggaran PEN Sudah Rasional, Bisa Membantu UMKM

Pemberhentian Tatan Pria Sudjana

Dalam kesempatan tersebut dibacakan Surat Keputusan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Yang mana,  menyatakan memberhentikan Tatan Pria Sudjana dari jabatan Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Barat sebelumnya.

Masih dalam sabutannya,  Cucu Sutara, mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena telah mendapat support penuh dari Kadin Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya pun segera bergerak cepat melaksanakan berbagai programnya.

"Kami akan solid bersinergi dengan pemerintah daerah, BUMD, dan BUMN. Dalam keadaan ekonomi terpuruk ini kita ingin bisa berguna bagi ekonomi Jawa Barat," tegasnya.

BACA JUGA: Ketua Kadin Arsjad Rasjid Janjikan Program Vaksinasi Gotong Royong

"Kita perkuat kerja sama dengan berbagai pihak, dan ini butuh dukungan dan kekompakan," sambung Cucu.

Cucu mengatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah memberi arahan supaya Kadin Jabar bahu-membahu. Yakni, bersama Pemprov Jabar dalam Satgas Pemulihan Ekonomi Jawa Barat, untuk terus menyelamatkan perekonomian Jawa Barat yang terdampak Covid-19.

Pemulihan Ekonomi

"Dalam rangka memulihkan masalah ekonomi, Satgas Pemulihan Ekonomi berupaya melakukan penyelamatan, pemulihan, dan penormalan ekonomi Jawa Barat," paparnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Biro Perekonomian Sekda Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar  mengajak Kadin Jabar untuk ngabret menyelamatkan perekonomian Jawa Barat yang terdampak Covid-19.

BACA JUGA: Kepengurusan Kadin Jabar yang Baru Dilantik Pagi Ini

"Kekuatan negara harus didukung semua elemen. Melalui pentaheliks, yakni pemerintah, komunitas, masyarakat, dunia usaha, dan media," tuturnya.

Gubernur berharap Cucu Sutara selaku Ketua Umum Kadin Jabar, bersama Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan, dan jajaran Dewan Pengurus Kadin Jabar, dapat menjalankan tugasnya dengan cepat dan baik.

Sebab, katanya, peran serta dunia usaha dalam penyelamatan ekonomi ini sangat penting, terutama dalam penyerapan tenaga kerja.

BACA JUGA: Kadin Sebut Omnibus Law Cipnaker Dorong Pertumbuhan Investasi

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengucapkan selamat bertugas kepada Ketua Umum Kadin Jabar dan jajarannya.

Berbagai dinamika, katanya, jangan sampai menghambat kinerja Kadin Jabar membangun Jawa Barat.

"Selamat kepada ketua umum terpilih dan jajaraannya. Walau masih ada dinamika, dengan kepemimpinan Pak Cucu Sutara, saya yakin akan selesai dengan cepat," ujarnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya