Besok, Seluruh Masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka

Kliknusae.com - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membuka kembali masjid-masjid di Makkah pada Minggu (21/6/2020), setelah tiga bulan ditutup demi menghindari penyebaran virus corona.

"Masjid-masjid di kota suci akan membuka kembali pintunya bagi umat pada Minggu, setelah tiga bulan tutup karena pandemi virus corona," demikian pemberitaan media pemerintah Saudi, Al-Ekhbariya.

Tak hanya masjid, sekitar 1.500 tempat suci lainnya di Saudi juga bersiap kembali menerima pengunjung. Kini, para petugas sedang mempersiapkan gedung dengan berbagai protokol kesehatan.

Dalam tayangan Al-Ekhbariya, petugas terlihat sedang melakukan penyemprotan disinfektan di lantai dan karpet masjid.

Pemerintah Saudi mengumumkan pembukaan kembali masjid ini beberapa pekan sebelum waktu ibadah haji pada akhir Juli.

Namun hingga kini, pemerintah Saudi belum mengumumkan nasib ibadah haji di tengah pandemi, diadakan atau tidak.

Saudi merupakan negara Teluk yang terkena dampak pandemi Covid-19 paling parah. Sampai saat ini, Saudi melaporkan 150 ribu kasus infeksi virus corona, 1.200 di antaranya meninggal dunia.

Sementara itu, Kantor Kementerian Urusan Islam di Mekah telah menyiapkan berbagai macam keperluan dan aturan terkait pembukaan kembali ribuan masjid tersebut.

Di antaranya, jemaah yang hendak menunaikan ibadah di masjid mesti melakukan tindakan pencegahan yang mencakup penggunaan sajadah pribadi, dan menjaga jarak di antara jamaah.

Selain itu, Kementerian Urusan Islam juga telah melakukan upaya strelisasi dan pembersihan tempat ibadah selama penutupan masjid beberapa bulan lalu.

Tak hanya itu, ratusan relawan juga telah bekerja dalam beberapa hari terakhir dalam menyiapkan tempat cuci tangan, termasuk menempelkan tanda-tanda pada karpet yang menunjukkan jamaah harus menjaga jarak saat mereka menunaikan salat.

(adh/tbn)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya