Peringatan Hari Pariwisata Dunia 2019 Digelar di India, Berikut Rundownnya!

Kliknusae.com - Hari Pariwisata Dunia/World Tourism Day (WTD) diperingati setiap tahun pada tanggal 27 September, dengan perayaan yang dipimpin Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO). Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran di antara komunitas global tentang nilai sosial, budaya, politik, dan ekonomi pariwisata, serta memberikan kontribusi yang dapat dilakukan sektor ini dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bersumber dari rilis UNWTO, peringatan pada 2019 sejalan dengan fokus utama UNWTO pada keterampilan, pendidikan dan pekerjaan sepanjang tahun. Untuk itu Hari Pariwisata Dunia akan dirayakan dengan topik "Pariwisata dan Pekerjaan: masa depan yang lebih baik untuk semua". Peringatannya akan dipusatkan di New Delhi, India, pada 26-28 September 2019.

UNWTO memilih India karena negara ini merupakan salah satu peradaban tertua di dunia dengan beragam kaleidoskopik dan warisan budaya yang kaya. India juga menawarkan berbagai pilihan wisata yang luas, beragam di daratan dan alam, orang, suku, masakan, agama, bentuk tarian, musik, seni, kerajinan, petualangan, olahraga, kerohanian, dan sejarah.

Terkait tema besar "Pariwisata dan Pekerjaan: masa depan yang lebih baik untuk semua", Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili mengatakan, pariwisata dapat membantu manusia membangun masa depan yang lebih baik untuk semua orang.

"Di seluruh dunia, sektor pariwisata adalah sumber utama lapangan kerja, mendukung jutaan pekerjaan, dan mendorong perekonomian ke depan, baik di tingkat lokal maupun nasional," ujar Zurab dalam pesannya yang dirilis laman UNWTO.

Ia menambahkan, potensi sejati pariwisata baru saja direalisasikan, baik sebagai pencipta lapangan kerja dan sebagai pendorong kesetaraan serta pembangunan berkelanjutan. Intinya, pariwisata dapat memberikan peluang kerja yang layak dan berkontribusi untuk mengembangkan keterampilan profesional.

"Jika dikelola dengan baik, pertumbuhan berkelanjutan sektor kami ini akan mencakup peluang yang tak terhitung jumlahnya dan memungkinkan pariwisata untuk memenuhi tanggung jawab sosial globalnya, sehingga tidak meninggalkan siapa pun yang ada di posisi belakang," tambahnya.

Namun, lanjut Zurab, tidak ada satu pun kegiatan ekonomi, sosial, atau manusia yang berhasil sendiri. Tetap membutuhkan kerja sama antara pemerintah dan pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta untuk mengelola pariwisata secara bertanggung jawab, berkelanjutan, dan memastikan potensi yang sangat besar direalisasikan dengan baik.

"Saat kita merayakan Hari Pariwisata Dunia, mari kita mengenali kekuatan transformatif pariwisata. Bersama-sama, kita dapat mewujudkan potensi pariwisata untuk membangun masa depan yang lebih baik, lebih setara," pungkasnya.

Adapun susunan acara peringatan World Tourism Day 2019 di Vigyan Bhavan, New Delhi, India, pada 26-28 September 2019, sebagai berikut:

Kamis, 26 September 2019

19: 00-21: 00 Sambutan Selamat Datang dari Kementerian Pariwisata India.

Jumat, 27 September 2019

10: 20-10: 30     Salam Menteri Pariwisata Negara-negara Anggota

10: 30-11: 20      Upacara Pembukaan (Pleno)

Lagu Kebangsaan India

Sambutan Pembukaan oleh Zurab Pololikashvili , Sekretaris Jenderal, UNWTO

Presentasi Video

Ucapan Selamat oleh HE Mr. Shri Prahalad Singh Patel, Menteri Negara                                                  Kementerian Kebudayaan dan Menteri Negara Kementerian Pariwisata, India

Presentasi Penghargaan Pariwisata Nasional (hanya Negara) oleh Wakil Presiden                                  India Hon'ble

11: 20-11: 45       Keynote Talk (Plenary Hall)

"Wajah yang Membuat Pariwisata" oleh Ana Nance (Fotografer)

11: 45-12: 00       Coffee Break

12: 00-13: 30       Penghargaan Pariwisata Nasional India (Pleno Hall)

12: 00-13: 30       Lokakarya Paralel tentang Pekerjaan Pariwisata Masa Depan (Hall B)

Pelatih:

Paras Loomba , Pendiri Global Himalayan Expedition (India)

Vishwaraj Gyawali, Pendiri Tur Sosial (Nepal)

13: 30-14: 45       Makan siang

14:45 - 15:00       Masa Depan Sekarang - Akademi Online UNWTO (Pleno Hall)

Natalia Bayona , Pakar Senior tentang Inovasi dan Transformasi Digital, UNWTO

15: 00-16: 00       Panel Hari Pariwisata Dunia 2019 (Pleno Hall):

"Memaksimalkan Potensi Pariwisata untuk Menciptakan Lebih Banyak dan                                           Pekerjaan yang Lebih Baik"

16: 00-16: 15       Upacara Penutupan (Pleno)

19: 00-21: 00       Makan malam diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata India

Sabtu, 28 September 2019

Tur Teknis  (Hanya Peserta Internasional)

Opsi 1 - Perjalanan sehari yang sama ke Taj Mahal - Agra

Opsi 2 - Tur di Delhi***

 

(IG/Sumber: wtd.unwto.org)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya