Kenangan Ani Yudhoyono Di Sari Ater

Klik nusae - Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono telah berpulang pada pukul 11.50 waktu Singapura,Sabtu (1/6/2019). Almarhumah meninggal dalam usia 67 tahun. Duka mendalam menyelimuti anak negeri atas kepergian ibu negara yang selama ini dikenal sangat setia mendampingi SBY.

Menurut rencana Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu pagi (2/6/2019).

Hal itu disampaikan oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan kepada wartawan di National University Hospital Singapura, Sabtu (1/6/2019). Hinca awalnya menceritakan suasana di ruang emergency.

"Jadi saya hadir tadi di tempat emergency itu kira-kira 25 menit sebelum pukul 11.50. Saya saksikan sendiri apa yang terjadi di situ dan sudah dijelaskan sama Pak Hatta (Rajasa)" kata Hinca.

Setelah Ibu dipastikan wafat pukul 11.50, SBY menggelar rapat bersama keluarga dan teman dekat di ruang seberang emergency. Saat rapat itu, Menhan Ryamizard Ryacudu hadir dan menyampaikan belasungkawa.

"Di rapat keluarga itu lengkap. Dan keluarga dari Ibu Ani yang dipimpin Pak Edi (Pramono Edhie) dan Ibu Ani kakak beradik kembali lebih dahulu ke Tanah Air untuk mempersiapkan Cikeas.

Sedangkan nanti upacara pemandian dan acara lainnya tinggal di sini dan difokuskan di kedutaan," ujarnya.

Hinca mengatakan jenazah akan disemayamkan di KBRI Singapura sebelum diterbangkan ke Tanah Air pada Minggu (2/6) besok.

Kata Hinca, alasan jenazah disemayamkan di KBRI terlebih dahulu karena SBY tidak ingin terburu dan perlu persiapan matang.

"Yang membuat kami sangat terpukul tadi Pak SBY minta satu hal, setelah selesai dimandikan dan dimasukkan ke peti jenazah dia ingin mencium sekali lagi, itu berkali-kali tadi disampaikan baik di dalam waktu pada saat rapat, tentulah itu kami siapkan," ujarnya.

Hinca mengatakan putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas) sudah ikhlas. Begitu juga dengan keluarga lainnya.

"Kondisi Mas Agus, Mas Ibas, Mbak Aliya dan Mbak Annisa juga tabah tadi sudah disampaikan dan ikhlas semua. Tidak terlalu banyak kami tadi di dalam tapi memang suasana itu suasana yang sangat mendalam," ujarnya.

Banyak catatan kenangan yang ditinggalkan Ani Yudhoyono. Kegigihannya mendampaingi sang suami selama menjabat presiden tak pernah mengenal lelah.

Begitu pun saat SBY tak  lagi menjabat sebagai presiden, Ani setia mendampingi SBY dalam setiap kegiatan.

Klik nusae merekam sedikit kenangan Ani Yudhoyono saat berada di Sari Ater Hotel & Resort Subang,Jawa Barat beberapa waktu silam. Tepatnya, 21 Maret 2018 ketika Ani Yudhoyono mendampingi kegiatan sang suami dalam acara temu kader Partai Demokrat.

Ani Yudhoyono  menginap di Bungalow  Family Suite 503. Meski turun hujan,tak menghalangi SBY dan Ani Yudhoyono sejenak merasakan segarnya udara pegunungan di Sari Ater.

Pada pagi hari, Ani Yudhoyono dengan sumringah mengitari bungalow sambil beberapa kali membidikan kamera ke beberapa objek. Inilah hobi fotrografi Ani Yudhoyono yang tak pernah ia tinggalkan disetiap kesempatan kunjungan ke beberapa daerah.

Selamat Jalan Ibu Ani Yudhoyono. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya