Besok, Bandara Internasional Jawa Barat Mulai Beroperasi Penuh

KLIKNUSAE.com - Mulai besok, Minggu 29 Oktober 2023 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati resmi akan beroperasi secara penuh.

Guna melihat secara langsung persiapan yang dilakukan, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Jumat 27 Oktober 2023, meninjau langsung ke Bandara Kertajati.

Berdasarkan hasil peninjauan tersebut, Bey menyatakan bahwa persiapan BIJB Kertajati untuk beroperasi penuh sudah 100 persen.

"Persiapan sudah 100 persen. Tinggal persiapan-persiapan tenant dan sebagainya," ucap Bey.

BACA JUGA: Menyambut Pembukaan Bandara Kertajati, Keajaiban Situ Cipanten Dipercantik

Selain itu, Bey juga melaporkan bahwa shadow operation atau operasi bayangan bandara sudah mulai dilakukan, dan pelaku UMKM pun sudah mulai mengisi tenant-tenant.

"Pak Dirut BIJB, M. Singgih, juga tadi lapor persiapan sudah cukup baik, sudah ada shadow operation. Hanya ada satu catatan tentang petunjuk arah yang internasional ke mana, dan domestik yang mana," tuturnya.

BACA JUGA: Rute Penerbangan Bandung-Kualalumpur Mulai Dilayani Bandara Kertajati, Ini Tanggalnya

Terkait keamanan Bandara Internasional Jawa Barat, Bey mengatakan bahwa sudah banyak pos polisi di wilayah bandara. Termasuk,  kamera CCTV yang terhubung langsung ke pos polisi. "Divisi keamanan juga sudah baik," ucap Bey.

Akan ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati. Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya