Wakil Ketua MPR Minta Akses Keuangan Bagi UMKM Harus Dipermudah

KLIKNUSAE.com - Wakil Ketua MPR RI, Prof Sjarifuddin Hasan mengemukakan bahwa akses keuangan bagi UMKM harus menjadi perhatian pemerintah.

Sebab selama ini, banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sulit mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan usahanya.

“Akses keuangan untuk UMKM harus diperluas dan diberikan kemudahan,” kata Syarief Hasan, sapaan akrab politisi senior ini saat berbincang-bincang dengan CEO Kagum Group Henry Husada di Jakarta, Jumat 14 Juli 2023.

Dalam dialog  membahas keberadaan UMKM di tanah air itu, mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada Kabinet Indonesia Bersatu II, banyak menyoroti keberadaan UMKM satu ini.

BACA JUGA: Henry Husada Berharap Pelaksanaan FIKI Bisa Berdampak Positif Bagi UMKM

Ia menekankan, pemerintah harus serius memperhatikan pelaku UMKM sebagai fundamental ekonomi Indonesia. Termasuk bisa secepatnya memberikan akses keuangan bagi UMKM.

“Harus ada keberpihakan. Disamping secara profesional, didalam memberikan pendampingan secara keuangan, juga harus ada keperpihakan,” tegasnya.

Artinya, jika UMKM diberikan keperpihakan maka akan lebih banyak yang bisa dilakukan.

“Salah satunya, kita ambil contoh untuk pendampingan. Para pelaku UMKM ini harus terus diberikan, mulai dari mereka mendapat kredit, sampai mereka berhasil mendapatkan keuntungan,” tambahnya.

BACA JUGA: Pelaku UMKM Pangandaran Perlu Didorong agar Berdaya Saing di Tingkat Global

Mendukung Ekonomi Indonesia

Terakhir, suka tidak suka UMKM juga harus memanfaatkan teknologi.

“Kalau teknologi tidak dimanfaatkan, maka diperkirakan UMKM kita akan mengalami kemunduran, atau justru akan tertinggal,” pesan Syarief.

Tak bisa dipungkiri, bahwa keberadaan UMKM saat ini dapat mendukung ekonomi Indonesia.

“Kenapa saya katakan begitu, mereka itu (UMKM) relatif tidak memiliki hutang luar negeri kan,” ujarnya.

BACA JUGA: Wellness Village, Hadirkan 28 Pelaku UMKM di Kota Solo

Sementara itu, Henry Husada—yang juga salah satu tokoh yang dinobatkan sebagai Bapak UMKM Jawa Barat menyampaikan bahwa dari hasil diskusi tersebut, banyak sekali gagasan yang diperoleh.

Utamanya, dalam terus memperkuat posisi UMKM di tengah persangian global yang semakin ketat saat ini.

“Dari diskusi tadi, kami memetik banyak manfaat untuk kembali memberikan energi ke depan. Khususnya, dalam memajukan UMKM tanah air,” kata Henry.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya