Pesta Spektakuler Kontes Ternak, Bakal Digelar Besok di Kiarapayung

KLIKNUSAE.com - Jawa Barat tengah mempersiapkan pesta spektakuler bagi para peternak dan pencinta hewan ternak pada, Sabtu  22 Juli 2023.

Acara yang digelar dengan penuh apresiasi dan kepedulian oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini, tak lain adalah "Kontes Ternak dan Expo Pangan Murah".

Kegiatannya bakal berlangsung di Kiarapayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Event ini merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap jerih payah dan dedikasi para peternak di Jawa Barat.

BACA JUGA: Kabupaten Bandung, Menapaki Kilau Pertumbuhan Baru di Jawa Barat

Berangkat dari hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar bersama seluruh pemangku kepentingan turut berkolaborasi. Yakni, menghadirkan acara yang tak kalah menarik dari kontes internasional.

Sementara itu, Sekretaris DKPP Jabar, Indriantari, menyatakan bahwa kerja keras para peternak dalam menghasilkan hewan ternak berkualitas sejatinya harus diapresiasi."

Mengusung semangat ekspresi dan kreativitas peternak, kontes Ternak dan Expo Pangan Murah ini  akan menampilkan unjuk kebolehan ternak peliharaan.

BACA JUGA: Pelaku Pariwisata Sumedang Anggap Penerapan Tarif Tol Cisumdawu Kurang Tepat

Beragam Jenis Ternak

Ternak-ternak tersebut dipilih dari beragam jenis, mulai dari ayam hias, ayam sentul, domba, sapi perah, hingga sapi potong.

Para peserta kontes ini telah melalui seleksi ketat, sehingga menjamin kualitas dan keunikan dari setiap hewan yang berlaga.

Selain menjadi ajang kompetisi bergengsi bagi para peternak, event ini juga berfungsi sebagai wadah edukasi dan sosialisasi mengenai protein hewani bagi masyarakat.

BACA JUGA: Pengurus PHRI Sumedang, 70 Persen Dikendalikan Milenial, Apa Misinya?

Pameran peternakan yang turut dihadirkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin lebih memahami pentingnya keberadaan peternakan di Jawa Barat.

Tak hanya itu, rangkaian acara ini juga mengajak masyarakat untuk turut meramaikan pasar murah yang menawarkan 11 komoditas pokok dengan harga jauh di bawah harga pasar.

Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Jawa Barat. Termasuk,  memberi akses yang lebih mudah bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

BACA JUGA: Bupati Sumedang Siap Menjadi Pemandu Wisata, Buka Peluang Investasi

Aset Genetik Unggulan

Rencananya, sekitar 1.500 peternak dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat akan meramaikan acara ini dengan kehadiran mereka yang gemilang.

Domba Garut, ayam sentul, dan sapi pasundan, yang merupakan aset genetik unggulan Jawa Barat, juga akan menjadi sorotan khusus dalam kontes ini.

Tak luput dari perhatian, Indriantari menekankan bahwa keamanan dan kesehatan hewan ternak merupakan prioritas utama.

BACA JUGA: Edhie Baskoro Sabet Grand Champhion Nusatic ACI X 2023 Kategori Arwana

Setiap hewan yang akan berpartisipasi dalam pesta spektakuler ini telah menjalani vaksinasi dan tindakan pencegahan lainnya untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan aman.

Melalui event ini, Jawa Barat berharap mampu memotivasi para peternak untuk terus berkembang dan semangat dalam menghasilkan bibit ternak berkualitas.

Seiring berkembangnya para peternak, kebutuhan pangan di wilayah ini pun diharapkan dapat terpenuhi secara optimal.

Menjadikan Jawa Barat sebagai daerah yang berdaya saing dan berkontribusi positif bagi perekonomian dan ketahanan pangan negara. ***

Share this Post:

Berita Terkait