Bupati Subang Ingin Ambil Tangkuban Perahu Melalui BUMD

KLIKNUSAE.com - Bupati Subang Ruhimat menginginkan agar Tangkuban Perahu dan beberapa wisata di kawasan Ciater bisa diambil untuk dikelola  badan usaha milik daerah (BUMD).

"Kami ingin BUMD (badan usaha milik daerah) di Subang senantiasa berinovasi dan terus membaca peluang usaha," kata Ruhimat seperti dikutip Kliknusae.com dari Antaranews, Rabu 25 Januari 2023.

Ia menyampaikan kalau BUMD di Subang bisa ikut serta mengelola kawasan wisata di wilayah Subang selatan seperti Tangkuban Parahu dan Ciater.

Bupati mengaku saat ini pihaknya tengah berupaya 'membuka pintu' untuk BUMD agar bisa ikut serta mengelola kawasan wisata Tangkuban Parahu dan Ciater.

BACA JUGA: Diundang Menparekraf, Bupati Subang Tawarkan Konsep Pariwisata Unggulan

"BUMD jangan hanya mengandalkan pemerintah daerah dalam hal permodalan. Ayo kita berkolaborasi. Inovasi dan baca potensi yang ada. Karena kalau tidak cerdas membaca dan menggali potensi, kita akan tetap ketinggalan,” kata dia.

Bupati mengingatkan  tujuan dibentuknya BUMD ialah untuk meningkatkan PAD demi kesejahteraan masyarakat sehingga dibutuhkan inovasi dan kolaborasi dengan semua pihak.

Alat Meningkatkan PAD

“Apa sih yang menjadi roh BUMD? Tentunya lembaga yang dibentuk menjadi salah satu alat meningkatkan PAD. Kenapa PAD perlu ditingkatkan? Kita membangun selain dari Dinas Pendapatan, andalan saya ya BUMD," katanya.

Ia menyebutkan, Pemkab Subang tidak akan berhenti mendukung BUMD. Di antara bentuk dukungan itu ialah dengan menerbitkan peraturan daerah terkait dengan BUMD.

BACA JUGA: Bupati Subang Beri Penghargaan Kepada Karyawan Sari Ater

“Kami pemerintah daerah mendukung untuk BUMD bisa lebih maksimal dengan hasil yang baik. Insya Allah Perda BUMD untuk peningkatan dan perluasan peluang akan disahkan," katanya.

Sementara itu, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Subang, Nunung Syuhaeri, mengatakan, peluang bagi BUMD Subang masih terbuka lebar.

Asalkan dilakukan sinergi antara BUMD dengan organisasi perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Subang.

"Masih banyak peluang, tapi BUMD harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta bersinergi dengan organisasi perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Subang. Misinya ialah untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah)," kata dia. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya