Pesta Halloween di Kawasan Wisata Berubah Duka, 149 Orang Tewas Terhimpit

KLIKNUSAE.com – Pesta Halloween di kawasan wisata internasional Itaewon, Distrik Yongsan, Seoul   ibu kota Korea Selatan Sabtu malam 29 Oktober 2022, berubah duka.

Sebanyak 149 orang tewas dan 76 orang mengalami luka-luka serius. Terdapat warga negara  asing yang menjadi korban dari pesta para kawula muda itu.

Jerit tangis histeris menambah kekacauan malam itu. Terlihat mayat-mayat bergelimpangan di pinggir jalan. Mereka tewas karena terhimpit saat berusaha keluar dari gedung, tempat pesta berlansung.

“Insiden mematikan itu terjadi di sebuah bukit dekat Itaewon's Hamilton Hotel. Dimana orang-orang di atasnya jatuh. Menyebabkan desak-desakan besar-besaran sekitar pukul 10:20 Sabtu malam,” demikian laporan KBS,  TV Korea Selatan yang menyiarkan kondisi terkini korban pesta Halloween, Minggu pagi 30 Oktober 2022.

BACA JUGA: Provinsi Jawa Barat Teken Kerjasama Dengan Korsel, Apa Saja?

Petugas terus melakukan evakuasi terhadap beberapa korban yang sebagian masih tertahan di dalam gedung, tempat pesata Halloween itu berlangsung.

Sampai saat ini pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab tragedi memilukan itu.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korsel mengatakan dipastikan 149 orang dinyatakan tewas. Sementara 76 terluka.

Korban diperkirakan masih bisa bertambah

Pihak berwenang mengatakan bahwa jumlah kematian dapat meningkat, dimana masih ada  19 orang mengalami luka serius.

Di antara yang tewas, dua orang adalah warga negara asing dan 15 orang asing lagi dalam kondisi terluka.

BACA JUGA: Korsel Siapkan Strategi Gaet Wisatawan Indonesia Usai Corona

Presiden Yoon Suk Yeol langsung menggelar rapat darurat Minggu pagi di pusat manajemen krisis kantor kepresidenan.

Hadir dalam rapat itu Perdana Menteri Han Duck-soo, Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min, Kepala Kepolisian  Metropolitan Seoul Kim Gwang-ho dan pejabat lainnya.

Yoon memerintahkan peraturan lalu lintas yang efektif di daerah itu untuk memastikan pasien dengan cepat diangkut ke rumah sakit.

Presiden kemudian pindah ke Balai Kota Seoul, di mana ia mengadakan pertemuan lain dengan menteri-menteri utama dan para pembantunya.

“Walikota Seoul Oh Se-hoon sedang dalam perjalanan kembali ke ibu kota, memotong perjalanan empat negaranya di Eropa,” lanjut laporan KBS. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya