Industri Pariwisata Semakin Diminati, Bagaimana dengan Kaum Milenial

KLIKNUSAE.com - Industri pariwisata semakin diminati, termasuk oleh generasi muda (milenial) sehingga perkembangan sektor itu ke depan akan semakin membaik.

"Salah satu indikasi diminatinya industri pariwisata oleh generasi muda bisa dilihat dari pendidikan pariwisata. Saat ini  sudah menempati peringkat ke-4 bidang keahlian dengan peserta didik terbanyak,"  kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Hal itu disampaikan Sandiaga, dalam  Rapat Koordinasi Nasional Ke-6 SMK Pariwisata Se-Indonesia Tahun 2022 di Poltek Pariwisata, di Medan, Selasa 20 September 2022.

Dia menjelaskan, data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan, jumlah SMK yang memiliki bidang keahlian pariwisata tercatat sebanyak 2.297 sekolah.

BACA JUGA: Industri Pariwisata Minta Wali Kota Bandung Responsif Sebelum Keluarkan Perwal

"Semakin banyaknya sekolah dengan keahlian pariwisata dan siswanya menunjukkan bahwa masyarakat sudah melihat dan merasakan bahwa sektor itu menjanjikan peluang banyak dan besar," katanya.

Data juga menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja lulusan pariwisata juga meningkat pesat.

Kemenparekraf sendiri, ujar Menparekraf, menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru pada sektor pariwisata hingga 2024.

"Ada pun hingga akhir tahun diyakini 1,1 juta lapangan kerja baru bakal tercipta di sektor pariwisata,"katanya.

BACA JUGA: Ada Kemajuan Sektor Parekraf di Aceh Besar, Sandiaga Pratikan Kopi Kunyit

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar pembangunan yang mendorong kemajuan sosio-ekonomi nasional. Untuk itu industri pariwisata semakin diminati adalah sebuah keniscayaan.

Plt Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin, M.Si, mengatakan, penyelenggaraan Rakornas SMK Pariwisata diselenggarakan di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 2015.

Hal itu dilatarbelakangi sebuah kesadaran bersama bahwa ekosistem pendidikan vokasi pariwisata harus terus dijaga.

Dengan harapan dapat menghasilkan lulusan SDM yang bekerja dan berwirausaha pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya