Pria Ini Raih Penghargaan MURI, Setelah Berkeliling Denpasar Pakai 'Stand Up Padleboard'

KLIKNUSAE.com - Pencapaian luar biasa. Pria ini berhasil meraih penghargaan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) karena mengelilingi Pulau Bali dengan memakai Stand Up Padleboard.

Dia adalah, Lukas Gallu Beko (26), warga asal Sumba, Nusa Tenggara Timur, yang berhasil memecehkan rekor berdiri di papan surfing sambil mendayung (Stand Up Padleboard) di Denpasar, Bali, Minggu 17 Juli 2022.

Atas prestasinya itu, Lukas mendapat penghargaan The Longest Stand Up Padleboard Journey dari Museum Rekor Dunia-Indonesia di Pantai Mercure Denpasar, Bali.

Lukas mendapat anugerah penghargaan sebagai orang pertama di Indonesia yang pernah mengelilingi pulau Bali dengan jarak tempuh 453,7 KM. Dalam waktu 16 hari dengan waktu tempuh 84,58 jam.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Minta Ada Pembaharuan Kerjasama MURI

Lukas memulai perjalanan pada Sabtu 2 Juli 2022 dari Sanur mengelilingi pulau Bali dengan menggunakan Stand Up Padleboard. Dan berhasil finish di Sanur pada Minggu 17 Juli 2022.

Lukas adalah seorang talent padle dari komunitas Stand Up Padleboard Bali yang telah berkompetisi ke  berbagai ajang nasional dan internasional.

"Sebelumnya, kami dua orang. Saya dengan WNA Inggris bernama Mike. Tetapi, pada hari ke 12 Mike sudah tak bisa melanjutkan," kata Lukas usai menerima penghargaan MURI di Pantai Mercure, Denpasar, Bali.

"Begitu pun, teman yang mengawasi kami dari perahu juga tidak mampu karena ombak tinggi. Persisnya, dari Negara sampai Sanur saya sendirian," sambung Lukas.

Capaian Rekor Lukas Gallu Beko

Lukas mengaku telah beberapa kali mengikuti ajang Stand Up Padleboard. Seperti Ajang BPJS Ketenagakerjaan Geopark Belitong Internasional Standup Padle and Kayak Marathon 2019.

Lalu, Singapore Open Cup 2019, Stand Up Padle Touring and race  pondok Prigi, Trenggalek, Jawa Timur tahun 2019. Serta Stand Up Paddleboard Race di Bali.

BACA JUGA: Melalui KB Serentak, Jabar Raih Penghargaan MURI

Perwakilan MURI Bali Awan Rahargo mengatakan rekor yang diraih oleh Lukas Gallu Beko berdasarkan beberapa kriteria.

Yakni, Lukas merupakan orang pertama. Atau kegiatan dia belum pernah dilakukan oleh orang lain dari Indonesia dan dunia internasional.

"Kriteria kedua adalah  superlatif. Menyangkut jumlah waktu dan juga hal-hal yang berkaitan dengan objek-objek dengan ukuran tertentu yang luar biasa. Yakni terpanjang dalam sejarah," kata dia.

Berikutnya,  adalah kriteria unik dan langka. Yakni sesuatu yang memang tidak dimiliki orang lain. Atau sesuatu kemampuan yang tidak bisa diikuti oleh orang lain.

"Kriteria MURI yang bisa tercatat  sebagai rekor hari ini adalah kriteria olahraga superlatif. Yaitu saudara Lukas Galuh Beko warga negara Indonesia telah berhasil seorang diri mampu mengelilingi Pulau Bali. Dengan jarak 453,7 KM dan ini suatu pencapaian luar biasa," kata Awan saat memberikan penghargaan kepada Lukas Gallu Beko di Pantai Mercure, Denpasar, Bali.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Peningkatan SDM di Desa Sibandang Danau Toba

Membawa Semangat Kebanggaan

Penghargaan MURI ini mengapresiasi apa yang telah dilakukan Lukas. Yakni dengan cara mengampanyekan kepada warga masyarakat Bali dan sekitarnya sebagai upaya untuk mendukung kelestarian lingkungan.

"Saudara Lukas mengampanyekan atau mensosialisasikan gerakan untuk tidak membuang sampah plastik atau sampah sembarangan," katanya.

"Yang kedua adalah beliau mengkampanyekan sebuah gerakan mendukung konservasi terumbu karang yang ada di Pulau Bali demi keseimbangan ekosistem bawah laut," tambah Awan.

Awan Rahargo meyakini belum pernah ada seseorang yang mampu berkeliling Pulau Bali dengan menggunakan Stand Up Padleboard seperti yang dilakukan oleh Lukas Gallu Beko.

BACA JUGA: Bali Mendapatkan Slot Penerbangan Internasional, Wisatawan Terus Mengalir

"Dengan bangga dan hormat kami (MURI) berikan rekor ini. Dan kami akan naikkan grade-nya menjadi rekor dunia. Karena MURI memang pada beberapa kegiatan rekor itu selalu mencatat rekor-rekor yang tingkatnya nasional, tapi ini akan kita catat sebagai the world record," kata Awan.

Awan berharap rekor yang oleh  Lukas ini bisa membawa semangat kebanggaan dan memotivasi orang lain untuk berbuat hal yang sama.

Selain itu, kata Awan, penghargaan atas rekor dari Lukas bisa mengangkat harkat olahraga Paddle board Indonesia supaya bisa menjadi salah satu olahraga pilihan nanti di ajang baik nasional maupun juga internasional. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya