Gaji 13 ASN Cair, Piknik Kemana Pekan Ini ? Berikut Rekomendasi Menparekraf

KLIKNUSAE.com - Gaji 13 ASN (aparat sipil negara) dipastikan cair 1 Juli 2022. Selain itu ada juga tambahan 50 persen tunjangan kinerja bagi pensiunan.

Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Selasa 28 Juni 2022.

"Perbedaan dari tahun 2021 adalah gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan. Khususnya, bagi mereka yang memang mendapatkan tunjangan kinerja," kata Sri Mulyani dalam keterangan resminya, kemarin.

Dengan demikian, gaji 13 ASN tahun ini akan dibayarkan sebesar gaji atau pensiunan pokok. Ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok tersebut.

BACA JUGA: Ini 5 Objek Wisata Bogor Yang Aman Dikunjungi

Yaitu tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum. Serta 50 persen tunjangan kinerja.

Bagi pemerintah daerah, aturannya adalah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan. Dengan memperhatikan kemampuan dari masing-masing.  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau fiskal daerah. Dan diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Nah, bertepatan dengan akhir pekan dan libur anak sekolah, moment ini menjadi sangat pas untuk mengajak keluarga berlibur.

Rekomendasi Tempat  Piknik Dari Mas Menteri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi pada akhir Juni hingga pertengahan Juli 2022.

Selain tempat wisata favorit di Puncak, Jawa Barat, ia menyarankan masyarakat untuk menjajal destinasi unggulan lainnya.

BACA JUGA: Cara Menghindari Kemacetan Lembang Saat Hendak Ke Objek Wisata

"Berdasarkan data-data yang kita terima, ada Bali dan destinasi lain yang konsepnya personalize, localise, dan smaller in size," kata Sandiaga, pekan ini.

"Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” sambungnya.

Tempat wisata di Pulau Jawa

Bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Sandiaga memberi saran untuk mengunjungi tiga tempat wisata andalan.

Yakni Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, serta Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Kapolda Irjen Suntana Sebut Siap Sikat Pengganggu Objek Wisata

Ia melanjutkan, di sekitar Jawa Barat, masyarakat juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata unggulan.

Mulai dari Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik, hingga Kabupaten Pangandaran yang memiliki sejumlah obyek wisata alam, seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, dan Pantai Batu Hiu.

Ada pula Kabupaten Garut, yang menawarkan panorama alam yang Instagramable, di antaranya Kawasan Wisata Cipanas dan Pantai Santolo.

"Untuk di Jawa Barat, selain Puncak, opsinya adalah Garut untuk cuacanya yang juga cukup sejuk. Ada juga beberapa destinasi lain, Kuningan, bisa dicapai tidak jauh, tiga hingga empat jam sampai," ujarnya.

BACA JUGA: Pantai Payangan, Sisi Lain Keindahan Objek Wisata Jember

Tempat wisata di daerah Jawa Timur, tambahnya, antara lain Malang serta kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang tentunya sangat diminati para wisatawan.

Candi Borobudur

Kemudian, di Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur dan berbagai desa wisata, antara lain Desa Wisata Candirejo dan Desa Wisata Dieng Kulon.

"Sementara di DI Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO)," tuturnya.

Tempat wisata di DSP dan daerah lainnya untuk libur sekolah

Sementara itu, kata Sandiaga, beberapa daerah lain yang diunggulkan menurutnya termasuk destinasi super prioritas (DSP).

BACA JUGA: Wisata di Kawasan Puncak Bogor, 10 Destinasi Ini Asyik Lho

"Untuk daerah-daerah lain, tentunya DSP. Jika berada di Sumatera dengan interkoneksi yang lebih baik, ada beberapa spot yang sangat indah, saya berkunjung di Nias dan di sekitar Danau Toba," papar dia.

Menurutnya, Desa Wisata Hilisimaetano di Nias Selatan dapat menjadi pilihan untuk para pelajar untuk memperdalam pengetahuan budaya, karena desa adat ini masih menjaga nilai-nilai leluhur.

Selain itu, ia juga menyarankan destinasi super prioritas lainnya yang tidak kalah menarik dan bisa menawarkan sensasi yang berbeda.

Di antaranya Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang dapat menjadi daya tarik untuk liburan sekolah.

BACA JUGA: Film Ngeri-ngeri Sedap DampaknyaTerhadap Promosi Pariwisata Indonesia

Edukasi wisata berkelanjutan

Sandiaga mengusulkan, sembari berlibur, pelajar juga dapat memperoleh edukasi terkait aspek berkelanjutan atau environmental sustainability.

Salah satunya, dengan menghitung carbon footprint calculator (kalkulator jejak karbon). Dan offsetting melalui aplikasi yang telah diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Jejak.in.

“Saya yakin jika kunjungan mereka itu diberikan kesempatan untuk menghitung carbon footprint. Kalkulatornya mereka bisa melakukan kegiatan yang ramah lingkungan,” tutup dia. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya