Ketua DPP PUTRI Hans Manansang, Pariwisata Harus Bisa ‘Ngangeni’

KLIKNUSAE.com – Ketua DPP PUTRI Hans Manansang menyebutkan betapa pentingnya Taman Rekreasi di Indonesia memiliki karakter yang "Ngangeni".

Pengunjung perlu merasa betah sehingga memperpanjang length of stay mereka di tempat rekreasi tersebut. Bahkan, setelah kembali ke rumah mereka  "masih akan terkenang- terkenang".

“Dengan demikian, dapat menaikkan nilai wisata yang tidak hanya sekedar hiburan, tetapi juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat,” kata Hans Manansang selaku Ketua Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPP PUTRI) dalam keterangan persnya, Kamis 26 November 2021.

Sebagaimana diketahui, Hans terpilih Ketua Umum PUTRI periode 2021-2026  pada Musyawarah Nasional PUTRI tanggal 10 November 2021 lalu di Jakarta.

BACA JUGA: Hans Manansang Terpilih Menjadi Ketua DPP PUTRI 2021-2026

Menurut Hans, sektor periwisata adalah Pejuang Pemelihara Kehidupan. Selain sebagai sarana rekreasi, wisata juga merupakan sarana untuk memelihara warisan budaya dan kesatuan bangsa.

Memberi Lapangan Kerja

Disamping itu, juga memberi lapangan kerja dan mendatangkan devisa bagi kebangkitan ekonomi bangsa.

Hans Manansang dikenal sebagai praktisi dan pengelola taman rekreasi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Hans sukses merintis Bali Safari (bagian dari Taman Safari Indonesia Grup) hingga dikenal dan menjadi tujuan wisatawan lokal dan asing.

BACA JUGA: DPD PUTRI Meyakini Hans Manansang Bisa Membawa Perubahan Baru

Lalu, ia merancang dan mengembangkan Jakarta Aquarium & Safari (JAQS). Satu-satunya Taman Rekreasi Indonesia sekaligus Lembaga Konservasi indoor yang menjadi 'rumah' dari 3500 spesies satwa akuatik dan non- akuatik yang berada di dalam mall, Jakarta Barat.

Bagi Hans, tantangan pengelolaan wisata bukan pada persaingan antar Taman Rekreasi Domestik, tetapi bagaimana kita secara bersama dapat berperan dalam mengisi kalender wisata mancanegara.

Tipsnya, dengan tetap menyadari bagaimana kita mengupayakan wisata yang “Ngangeni”.

Hans menegaskan perlunya PUTRI untuk menyusun strategi dan sinergi antar destinasi wisata melalui konsep paket wisata long stay.

BACA JUGA: Wamen Angela Minta PUTRI Jaga Libur Nataru, Dukung PPKM Level 3

Dengan berhimpun di PUTRI, para pelaku pengelola Taman Rekreasi dapat menghindari mentalitas kepiting yang saling rebutan dan melemahkan.

"Saya meyakini bahwa wisata bukan zero sum game, semua pihak harus menang”, tegas Hans.

Unsur 4E dan Konsep Usaha Wisata dalam Era New Normal

Dikemukakan Hans, taman rekreasi pada dasarnya perlu memenuhi unsur 4E, yakni Edukasi, Estetika, Escapism, dan Entertainment.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Keberatan Jika PPKM Level 3 Berdampak Penutupan

Edukasi merupakan proses pembelajaran atau penyerapan informasi baru. Dengan demikian, wisata harus bisa memberikankan peningkatan pemahaman atau wawasan baru kepada pengunjung.

Estetik artinya mampu menyajikan sebuah tingkat seni yang berhubungan dengan cita rasa keindahan yang dapat menimbulkan efek daya tarik dan kekaguman.

Faktor escapism mampu memberikan dampak rasa relaksasi dan melepas jenuh. Terakhir, entertainment, memberikan rasa senang atau gembira.

“Empat hal ini menjadi key success factors dan sangat berperan untuk menjaga ketertarikan pengunjung serta kelangsungan usaha Taman Rekreasi Indonesia, sehingga industri wisata akan tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan”, Hans menekankan tentang unsur 4E tersebut.

BACA JUGA: Objek Wisata Bandung Raya Tutup, Ini Seruan DPD PUTRI Jabar

Agenda Kepengurusan DPP PUTRI

Selaku Ketua Umum terpilih, Hans tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang mempercayakan tugas ini.

Hans juga menyampaikan apresiasi  dan sangat menghormati terhadap  pengurus PUTRI periode sebelumnya yang dipimpin oleh Bambang Sutanto selaku Ketua Umum dan Bapak Jaya Purnawijaya selaku Sekretaris Jendral.

Selanjutnya, kepengurusan yang baru  akan melanjutkan perjuangan PUTRI yang didirikan sejak tanggal 10 Nopember 1977 oleh para faunder.

BACA JUGA: Desa Bongo Menyimpan Wisata Relegi Yang Memikat Sandiaga Uno

Diantaranya,  sekelompok pimpinan obyek-obyek wisata di Jakarta seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini “Indonesia Indah”, Kebun Binatang Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Museum Nasional, Museum ABRI Satria Mandala, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja Senayan, Taman Anggrek dan lain sebagainya atas dorongan KADIN Indonesia.

Dalam waktu dekat ini Hans rencananya akan mengadakan pertemuan dan penetapan Pengurus DPP PUTRI masa bakti 2021-2026.

Pada saat yang bersamaan, akan disusun pula rencana kerja dengan fokus pada pemulihan usaha akibat pandemi, dilanjutkan dengan pengembangan usaha Taman Rekreasi Indonesia yang "Ngangeni", serta membangun konsep Taman Rekreasi Indonesia pasca- pandemi di era New Normal. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya