Produk Lokal Bandung Mencoba Menembus Pasar Hongkong

BANDUNG, Kliknusae.com  - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, mulai berkomunikasi dengan Hongkong untuk membuka kerja sama bisnis guna mendorong produk lokal menembus pasar di negeri berjulukan Pearl of the Orient itu.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan produk lokal dari Kota Bandung memerlukan perluasan pasar agar lebih berkembang dan memiliki daya saing dengan produk lain.

"Memang di tengah pandemi COVID-19, para pengusaha di Kota Bandung lebih membutuhkan pemasaran, sehingga penawaran yang disampaikan oleh pihak Hongkong bisa membuka kerja sama," kata Yana usai pertemuan dengan Direktur Jenderal Hongkong Economic And Trade Office (HKETO) Jakarta, Kin Wai Law di Bandung, Jumat lalu.

Ia berharap pertemuan tersebut bisa ditindaklanjuti menjadi business matching antara pengusaha dari Hongkong dan Kota Bandung, sehingga dengan kesepahaman bisnis, diharapkan ada transaksi langsung dari pengusaha Hong Kong untuk mengakomodasi produk lokal dari Kota Bandung.

"Mudah-mudahan ada bisnis langsung antara pengusaha yang produknya sudah kami kurasi dengan pembeli dari Hongkong, karena pengusaha ini belum tentu bergabung dengan organisasi, karena cukup banyak pengusaha yang kami bina dan bergerak di kuliner, fesyen, dan kriya," kata dia.

Untuk itu, Yana memastikan Pemkot Bandung akan terus berupaya untuk membina dan memperbaharui kualitas produksi kreasi warga Kota Bandung, termasuk dalam urusan tampilan dan produknya agar bisa memenuhi standar pasar internasional.

"Kami fasilitasi produk yang mereka hasilkan sehingga kemasan baik, sertifikat halal ada, nutrition fact ada, ada kedaluwarsanya, mudah-mudahan ini memenuhi persyaratan untuk pasar Hongkong," kata Yana. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya