Di Garut, Warga Rayakan Idul Fitri Dengan Silahturami Virtual

GARUT, Kliknusae.com  - Banyak cara yang dilakukan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah ditengah pandemi.

Seperti sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat merayakan lebaran tahun ini dengan silaturahmi secara virtual bersama keluarga yang tinggal di luar kota ataupun tidak bisa mudik karena ada larangan mudik untuk mencegah penularan COVID-19.

"Sementara Lebaran tahun ini silaturahminya pakai HP dulu, karena tidak bisa mudik," kata Ningrum warga Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis 13 Mei 2021.

Ia menuturkan perayaan Idul Fitri secara virtual di tengah wabah COVID-19 merupakan kali kedua, tahun sebelumnya juga silaturahmi dengan saudara di luar kota dilakukan secara virtual melalui panggilan video  seluler.

Lebaran sebelum ada wabah COVID-19, kata Ningrum, biasa dirayakan bersama orang tua dan kerabat di Kabupaten Bandung, namun saat ini tidak bisa kumpul karena ada larangan mudik dan penyekatan jalan di perbatasan kota.

"Sekarang tidak bisa pergi ke Bandung karena ada penyekatan, tahun kemarin juga tidak ke Bandung karena corona," katanya.

Selain Ningrum, warga lainnya Shinta menyatakan, perayaan Idul Fitri tahun ini hanya bisa dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi di telepon seluler dengan suaminya yang berada di Provinsi Lampung.

Suaminya itu bekerja di luar kota yang tidak bisa mudik saat Idul Fitri karena ada kebijakan dari perusahaan dan pemerintah terkait larangan mudik bagi pekerjanya.

"Ya tidak bisa mudik, karena dilarang oleh kantor tempatnya bekerja, pulang juga tidak akan bisa karena di jalan ada pemeriksaan, jadi ketemunya ditunda dulu," kata Shinta.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan terima kasih bagi warga Garut yang telah menahan diri untuk tidak mudik saat Idul Fitri karena kondisi saat ini masih pandemi COVID-19.

"Terima kasih kepada warga Garut  yang tidak datang ke Garut, kita silaturahmi dengan teknologi," katanya. (*/adh)

Sumber: Antara

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya