Tips Memilih Kacamata yang Tepat untuk Snorkeling

Kliknusae.com - Jika ingin menikmati dan mengagumi keindahan alam bawah laut dan isinya, kita bisa memilih berenang, snorkeling, diving, surfing, dan masih banyak lagi. Snorkeling dan diving dipilih saat kita ingin melihat kehidupan di bawah laut.

Untuk melihat keindahan bawah laut yang tidak terlalu dalam, bisa memilih snorkeling. Sedangkan kegiatan diving (selam), untuk menikmati bawah laut hingga kedalaman puluhan meter. Dua-duanya membutuhkan keterampilan tertentu dan ditunjang dengan alat-alat yang sudah standar.

Alat yang diperlukan untuk snorkeling cukup sederhana. Peralatan dasarnya yaitu masker atau kacamata, snorkel, kaki katak atau fin, dan live vest atau rompi pelampung bagi yang masih pemula dan belum berani berenang di laut.

Namun saat memilih peralatan di atas tidak bisa sembarangan. Semua alat yang dibutuhkan harus tepat dengan ukuran tubuh kita, seperti halnya memilih kacamata snorkeling. Berikut ini beberapa tips memilih kacamata snorkeling.

Sesuaikan dengan kontur wajah

Masker atau kacamata yang dipilih harus sesuai dengan kontur atau bentuk wajah. Tujuannya, agar kacamata menempel sempurna, sehingga air tidak masuk ke dalam masker. Jika air masuk akan mengganggu kenyamanan dan aktivitas kita di dalam air.

Cara mengecek kacamata sudah sesuai kontur wajah atau belum, cukup letakkan masker di wajah, tetapi tidak usah pasang talinya. Setelah itu hirup udara dan tahan nafas beberapa detik. Jika sesuai dengan kontur wajah, masker tersebut akan melekat dengan baik.

Bagian untuk melihat masih bersih

Kacamata yang dipakai tidak perlu selalu baru saat akan snorkeling. Namun perlu dipastikan bahwa barangnya masih bagus. Pastikan bagian kaca untuk melihat masih bersih dan bagus, sehingga pandangan kita tidak terganggu.

Berbahan silikon

Pilihan terbaik untuk kacamata snorkeling yaitu berbahan silikon. Karena bahan ini lentur yang memungkinkan kacamata menempel nyaman di wajah kita. Ingat, kacamata snorkeling harus kedap air.

Nah, setelah tahu tips memilih alat-alatnya, saatnya sekarang praktik. Selamat mencoba!*** (IG/sumber: Pesona Indonesia)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya