Sudah 1.300 Lebih Peserta Mendaftar Electric Jakarta Marathon 2019

Kliknusae.com - Tercatat sudah 1.377 lebih peserta Electric Jakarta Marathon 2019 yang mendaftar untuk ikut ambil bagian dalam lomba  marathon internasional yang akan berlangsung,Minggu 27 Oktober 2019 mendatang.

Mereka yang sudah mendaftar dalam event yang ditargetkan diikuti 16.500 peserta itu berasal dari,Malaysia, India, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Italia, Korea Selatan, Singapura, dan Jepang.

Selain mendaftar secara mandiri, sebagian dari marathon enthusiats mancanegara datang dengan menggunakan jasa operator tur.

Marathon akan bermula dan berakhir di Plaza Utara Gelora Bung Karno. Pada perhelatan marathon tahun ini diharapkan, para pelari marathon elit Asia dapat mengikutinya. Keberadaan mereka tentu akan membuat kompetisi menjadi lebih menarik.

Rute Electric Jakarta Marathon 2019 tetap akan membawa peserta menikmati keindahan landmark ikonik ibukota Jakarta seperti kawasan Kota Tua dan  Fatahillah Square.

Dari sana kemudian akan melintasi Gereja Kateral dan Masjid Istiqlal yang berdampingan. Peserta juga bisa merasakan kawasan bisnis dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang.

Event marathon terbesar di Indonesia ini melombakan lima kategori lari yaitu Full Marathon (42,195 km), Half Marathon (21 km), 10K, 5K, dan Maratoonz (1 km) untuk anak-anak usia 5-10 tahun.

Operator Tur Luar Negeri

Jumlah peserta dari mancanegara terus meningkat selama Jakarta Marathon dihelat sejak tujuh tahun lalu.

Kenaikan tersebut rupanya tidak lepas dari pendekatan penyelenggara event marathon terbesar di Indonesia ini dengan para operator tur di luar negeri.

Peserta dari Jepang selalu menjadi penyumbang peserta asing terbanyak. Tahun lalu tercatat 427 pelari dari Jepang mengikuti Jakarta Marathon. Dan tahun ini bertambah menjadi 507 pelari.

"Kami tidak pernah absen hadir di gelaran Tokyo Marathon. Selain itu, kami juga datang ke JATA Expo. Di sana, kami membawakan presentasi mengenai Jakarta Marathon di hadapan para travel agent/tour operator Jepang. Tentu kami tidak sendiri, ada juga agent lainnya seperti dari Garuda Orient Holiday (GOH)," jelas Ndang Mawardi CEO Inspiro selaku penyelenggara event ini,kemarin.

Dijelaskan bahwa sekarang ini ada 6 sampai 7 agent di Jepang menjual event Jakarta Marathon. Kemudian, 1 agent dari Hong Kong yang juga mempunyai representasi di China mainland melakukan hal yang sama.

"Ternyata, di Cina juga banyak penggemar lari marathon. Sama gilanya dengan Jepang. Dan World Marathon, ini operator tur khusus marathon. Semuanya dari luar negeri. Justru dari Indonesia tidak ada," ujar Ndang.

Ditambahkan Ndang, waktu pelaksanaan event Jakarta Marathon yang konsisten sejak awal yakni di minggu terakhir bulan Oktober merupakan salah satu kunci yang membuat event olahraga ini diminati.

Tentu saja faktor kunci utamanya, event marathon itu mengikuti syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan diakui oleh asosiasi atletik dunia IAAF.

Mulai dari jalan raya yang menjadi trek lari hingga organisasi pelaksanaan event.

Sejak awal, penyelenggaraan Jakarta Marathon memang tidak main-main. Jalan raya yang diajukan jadi rute lari marathon disurvey dan dikalibrasi oleh asosiasi atletik dunia.

"Jadi, untuk rute marathon yang akan dilalui telah melewati proses kalibrasi dan memperoleh sertifikasi dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federation (IAAF)," tutupnya.

(adh/itn)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya