Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kliknusae.com - Ratusan hektare lahan dan hutan di kawasan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan,Jawa Barat,Rabu (7/8/2019) siang sekitar pukul 13.00 WIB hangus terbakar. Akibatnya, semua jalur pendakian di gunung tertinggi di Jabar ini ditutup.

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai telah mengumumkan  penutupan seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai, Jawa Barat dari aktivitas pendakian per tanggal 7 Agustus.

"Dengan ini Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menutup kegiatan pendakian untuk umum pada 4 jalur pendakian Gunung Ciremai yaitu Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggarjati (Kuningan), dan Linggasana (Kuningan)," kata Kepala Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono dalam siaran persnya,kemarin.

Menurut Kuswandono, penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Pendaki bisa mendapatkan pengembalian biaya administrasi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) bagi telah melakukan booking online.

"Bagi pendaki yang sudah melakukan booking online, dapat konfimasi kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian dengan melampirkan bukti booking dan transfer," lanjut Kuswandono.

Data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPDB) Kuningan, Kepulan asap mulai terlihat pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka.

BPBD Kuningan telah melakukan koordinasi dan pemantauan di Jalur Palutungan. BPBD Kuningan juga berupaya mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik jalur Apuy, Palutungan dan Linggarjati.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Sebagai upaya penangan dini, BPBD Kabupaten Kuningan melakukan koordinasi dan memantau sejumlah jalur pendakian Gunung Ciremai, baik Jalur Apuy, Palutungan, maupun Linggarjati.

Petugas juga mengevakuasi semua pendaki yang masih berada di sekitar Gunung Ciremai.

Saat ini Tim Gabungan dari BPBD Kabupaten Kuningan dan BPBD Kabupaten Majalengka tengah menuju lokasi kebakaran.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya