Turis Terpesona Oleh Kampung Warna-warni Ini

Klik nusae - Magelang,Jawa Tengah tak hanya memiliki maha karya Candi Borobudur atau keindahan Gunung Temoloyo,Taman Ramadanu serasa di Holland  bahkan taman  bunga matahari di Dewari Park.

Taukah Anda, di Magelang juga ada tempat wisata  yang unik namanya Kampung Warna-Warni. Sekalipun ini hanya lingkup RT, namun turis mancanegara sering datang ke kampung tersebut.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah datang di kampung ini.

Kampung Warna-warni berada di RT 01/RW 01 Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Inilah desa wisata yang mesti wisatawan coba datangi.

Di Kampung Warna-warni juga terdapat spot selfie yang sengaja dibuat. Ada lukisan Pangeran Diponegoro, kemudian ada gambar Water Torent yang telah menjadi yang salah satu ikon Kota Magelang.

Bahkan kini ada spot baru untuk selfie maupun foto-foto yang instagramable. Spot baru tersebut yakni Gua Carang.

Diberi nama Gua Carang karena bahan utamanya dari bagian atas pohon bambu dalam bahasa Jawa disebut carang.

Setiap minggu, turis dari mancanegara sering datang di Kampung Warna-warni untuk melihat keindahannya dan sekadar berfoto-foto maupun selfie.

"Ide awal pembuatan Kampung Warna Warni ini cuma dari rasan-rasan saat kerja bakti untuk memperingati HUT RI Kemerdekaan pada tahun 2017. Saat itu, ada sisa cat, terus untuk ngecat di depan persisnya pinggir jalan kok bagus, akhirnya satu RT pingin semua," kata Danang Sudrajat, Sekretaris Pokdawis Kampung Warna Warni Tidar Campur, belum lama ini.

Setelah itu, respons yang diberikan bagus sekali. Terlebih setelah diunggah di media sosial banyak warga dari luar yang mengetahui keberadaan Kampung Warna Warni Tidar Campur.

Bahkan, hampir tiap minggu kampung ini selalu didatangi turis dari mancanegara.

"Respons alhamdulillah bagus semua. Disporapar memberikan mengapresiasi. Tiap tahunnya putra putri Duta Wisata Kota Magelang diajak ke sini dan kelihatannya tahun ini juga akan dibawa ke sini," tuturnya.

Termasuk turis mancanegara hampir tiap minggu ada yang ke sini. Hampir tiap minggu ada satu atau dua yang datang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun pernah singgah  ke Kampung Warna Warni Tidar Campur tersebut.

Ketika itu, Ganjar bersama istrinya, Siti Atiqoh setelah gowes dari Borobudur menuju kampung ini, pada sekitar November 2017, lalu.

"Pak Ganjar sudah pernah kesini. Waktu itu, hari Sabtu, kalau nggak salah dari Borobudur gowes dengan Bu Ganjar sampai sini. Masuk lihat-lihat terus pulang. Ya Alhamdulillah responsnya beliau bagus, kami disuruh mempertahankan, syukur ditingkatkan," ujarnya.

Ketua RT 01/RW 01 Tidar Campur, Sudadi Waluyo menambahkan, turis mancanegara hampir tiap minggu selalu datang.

Sedangkan untuk turis domestik hampir tiap hari berdatangan di kampung ini. Turis mancanegara yang pernah datang antara lain dari Perancis, Belanda, Jerman, Italia, Spanyol dan Singapura.

"Kalau sini tiap minggu orang asing datang, paling nggak 3 sampai 4 orang mesti ada. Kalau domestik harian selalu ada. Turis mancanegara itu dari Prancis, Belanda, Jerman, Italia, Denmark, Spanyol dan Singapura. Mereka yang datang biasanya bersama keluarganya,paling satu keluarga ada 3 orang atau 4 orang," katanya.

Untuk spot baru Gua Carang, kata dia, ide awalnya dari anak-anak remaja yang membuatnya. Carang yang tidak terpakai tersebut, kemudian dikumpulkan dan dimanfaatkan.

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya