Tanpa Indonesia, Ini 20 Tempat Bersepeda Terbaik Di Dunia

Klik nusae - Tren bersepeda di tanah air saat ini cukup tinggi. Sayangnya, secara spesial belum ada trek atau tempat bersepeda yang memiliki standar internasional. Begitu pun untuk jalur sepeda tampaknya belum dipersiapkan dengan baik.

Ini bedanya dengan budaya bersepeda di dunia yang sudah lebih maju. Sebuah laporan yakni Copenhagenize Index melakukan evaluasi terhadap 115 kota di seluruh dunia mengenai kemajuan pada budaya sepeda di kota.

Penilaian dilakukan terhadap infrastruktur yang mendukung pada pesepeda, program berbagi sepeda, keamanan dalam bersepeda, dan keseimbangan jender pesepeda.

Hasilnya mengeluarkan 20 kota paling ramah pesepeda. Copenhagen di Demnark menjadi kota paling ramah pesepeda. Bersepeda bukan lagi gaya hidup melainkan cara hidup penduduk di sana.

Sekitar 62 persen penduduk Copenhagen bahkan memilih bersepeda ke kantor dibanding harus berkendara dengan mobil.

Kota kedua paling ramah pesepeda adalah Amsterdam. Kota ini disebut punya komitmen besar terhadap para pesepeda dengan terus memperlebar jalur sepeda, membuat jalanan dengan jalur sepeda lambat dan persimpangan yang aman untuk pesepeda.

Alhasil jumlah pesepeda di Amsterdam terus bertambah. Bahkan pada 2025, pemerintah Amsterdam berencana menghapus 11.000 tempat parkir mobil untuk memberli lebih banyak ruang bagi pohon, jalur pejalan kaki, dan jalur pesepeda.

Pada peringkat ketiga ada kota lain di Belanda yakni Utrecht. Kota ini terkenal memiliki infrastruktur sepeda kelas dunia.

Sepeda bahkan menjadi senjata ampuh politikus saat berkampanye. Tak lupa di kota ini juga terdapat banyak inovasi berhubungan dengan sepeda.

Sementara, kota-kota di Indonesia tak muncul di 20 peringkat teratas index yang dikeluarkan oleh Copenhagenize Index.

Berikut adalah daftar lengkap 20 kota paling ramah pesepeda di dunia dari Copenhagenize Index:

  1. Copenhagen, Denmark
  2. Amsterdam, Belanda
  3. Utrecht, Belanda
  4. Antwerp, Belgia
  5. Strasbourg, Perancis
  6. Bordeaux, Perancis
  7. Oslo, Norwegia
  8. Paris, Perancis
  9. Vienna, Austria
  10. Helsinki, Finlandia
  11. Bremen, Jerman
  12. Bogota¡, Kolombia
  13. Barcelona, Spanyol
  14. Ljubljana, Slovenia
  15. Berlin, Jerman
  16. Tokyo, Jepang
  17. Taipei, Taiwan
  18. Montra©al, Kanada dan Vancouver, Kanada
  19. Hamburg, Jermany

(adh/kom)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya