Selama Libur Lebaran, Tingkat Okupansi Hotel di Bandung Mencapai 98 Persen

KLIKNUSAE.com – Selama libur lebaran Idul Fitri 2024, tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Bandung, Jawa Barat mencapai 98 persen.

Meningkatnya okupansi hotel terlihat sejak memasuki hari kedua lebaran, pada Kamis 11 hingga 14 April 2024.

“Kalau di rata-ratakan selama masa libur lebaran, okupansi kami mencapai di angka 96 persen,” kata Arief Bonafianto, Chairman Riung Priangan Ketika dihubungi Kliknusae.com, Rabu 17 April 2024.

Menurutnya, angka ini cukup membaik dan memberikan rasa optimis  bahwa Kota Bandung masih menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan.

BACA JUGA: ‘Bimonthly Meeting’ Riung Priangan Kali Ini Dimeriahkan dengan Acara Bukber Ramadhan

“Secara umum, keterisian kamar hotel di Kota Bandung pada libur lebaran ini cukup baik. Ada beberapa hotel yang bahkan full booked,” ungkap Arief—yang juga General Manager Arion Suites Hotel Bandung ini.

Catatan Riung Priangan

Berdasarkan catatan Riung Priangan Bandung (perhimpunan para General Manager (GM) hotel berbintang di Kota Bandung), tingkat okupansi hotel selama libur lebaran 2024 yakni;

  • 09-Apr (63.73%)
  • 10-Apr (73.43%)
  • 11-Apr (96,12%)
  • 12-Apr ( 96.10%)
  • 13-Apr (98.02%)
  • 14-Apr (72.73%)

 

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Bandung saat Cuti Bersama Mencapai 90 Persen, Bagaimana Jakarta?

Sementara itu, Noor Syahlevie Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) mengemukakan tingkat hunian kamar di Kota Bandung rata-rata di angka 85 persen.

“Sebetulnya, pada moment lebaran seperti ini kami bisa mencapai 100 persen. Karena Sebagian besar keterisian kamar di atas 80 persen ya. Namun, kami tetap harus menjaga complain tamu,” kata pria yang akrab disapa Levie ini.

Complain yang dimaksud, kata Levie, adalah ketika terjadi masalah di kamar pihaknya bisa langsung mengantisipasi.

BACA JUGA: IHGMA DPD Jawa Barat Pertegas Komitmennya untuk Meningkatkan SDM Perhotelan

“Jadi tidak kami jual semua, supaya tamu lebih nyaman. Kalau reservasi sejak hari kedua hingga Minggu 14 April, terus aja berdatangan,” kata Levie.

Dibagian lain, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, Selasa 16 April 2024 mengatakan kalau tingkat okupansi hotel di Jawa Barat mencapai 95 persen selama libur Lebaran 2024.

"Paling menonjol adalah Pantai Pangandaran di Jawa Barat yang mengalami lonjakan pengunjung hingga 20.223 pada 12 April 2024. Dan tingkat okupansi hotelnya 95 persen," Nia Niscaya saat Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, kemarin. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya