Gempa Bumi di Jawa Barat Masih Membayangi, Ini Pesan Gubernur

KLIKNUSAE.com - Gempa bumi sewaktu-waktu masih bisa terjadi di wilayah Jawa Barat. Oleh sebab itu, masyarakat diminta waspada akan kemungkinan terjadinya kembali guncangan  gempa.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis 4 Januari 2024.

Bey juga menuturkan, Pemda Provinsi Jabar dan BMKG sudah membuat peta mitigasi bencana. Ada beberapa wilayah di Jabar yang masuk zona merah atau rawan gempa.

BACA JUGA: Gempa Bumi Pangandaran tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

"Petanya sudah disusun. Ada yang merah (wilayahnya) kan segala macam. Artinya apa? Artinya kita yang tinggal di Jawa Barat ini harus waspada," ungkapnya.

"Namun, tidak perlu juga panik tapi waspada, dan juga struktur bangunan harus menyesuaikan dengan kondisi," sambung Bey.

Selain itu, Bey pun mengingatkan Pemda Kota dan Kabupaten di Jabar untuk mengecek ulang konstruksi rumah dan gedung.

BACA JUGA: Beberapa Kendaraan Tertimpa Batu di Cadas Pangeran Sumedang

Tujuannya agar struktur dan bangunan disesuaikan dengan kondisi mitigasi bencana.

"Kami dengan Pemkot dan Pemkab mengingatkan untuk mengecek ulang minimal seperti di Sumedang ini pembangunan yang rumah-rumah besar akan menyesuaikan dengan strukturnya," tuturnya.

Yang paling penting, kata Bey, masyarakat harus waspada, tetapi jangan panik. "Kita harus hidup dengan normal. Tetap waspada, tidak perlu panik," katanya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya