Event GIIAS Bandung 2023 Belum Berdampak ke Okupansi Hotel, Ini Kata Chairman Riung Priangan

KLIKNUSAE.com – Pelaksanaan pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS Bandung 2023 belum berdampak signifikan terhadap okupansi hotel.

Padahal event besar ini bisa menjadi salah satu daya Tarik Kota Bandung, Jawa Barat. Terutama, bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan event otomotif tersebut.

“Yang kami rasakan saat ini, event GIIAS ini belum berdampak terhadap tingkat hunian kamar hotel. Yang ramai di hotel saat ini, ya kegiatan MICE,” kata Chairman Association of Star Rated Hotels Bandung (Riung Priangan) Arief Bonafianto ketika dihubungi Kliknusae.com, Kamis 23 November 2023.

Menurut Arief, event seperti GIIAS sebetulnya bisa menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Bandung. Bisa menawarkan berbagai daya tarik yang ada di kota ini.

BACA JUGA: Arion Suites Hotel Bandung Berikan Tiket Pesawat ke Bali, Syaratnya Ikuti Acara Ini

Mulai dari restoran, destinasi wisata maupun seni dan budayanya. Sebut saja, Saung Angklung Udjo untuk atraksi seni budaya.

“Sayangnya, event sekelas GIIAS ini tidak terkoordinasi dengan hotel-hotel. Kita taunya cuman promonya yang uda keluar gitu aja,” ujar Arief.

“Mestinya, kalau mau ada event seperti ini dan terinformasikan, kita semua bisa mendukung. Dan, bisa masuk calender event kan ya,” sambung General Manager Arion Suites Hotel Bandung ini.

Tadinya, event pameran mobil bergengsi ini diharapkan bisa menggeliatkan sektor akomodasi, dengan peningkatan okupansi hotel.

Sebagaimana diketahui,  GIIAS The Series 2023 untuk pertama kalinya  hadir di Kota Bandung.  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) berharap pameran ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor.

BACA JUGA: Hari Pertama GIIAS Bandung 2023, Dipenuhi Crew Prinsipal Otomotif

Menghadirkan informasi industri otomotif terbaru

Pameran otomotif ini digelar pada 22-26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom, dengan menghadirkan informasi perkembangan industri otomotif terbaru untuk masyarakat Jabar.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya mendukung serta memberikan apresiasi digelarnya GIIAS The Series 2023.

Menurut Dedi, ada sekitar 25 juta kendaraan, 16 juta yang terdaftar dan 10,6 juta di antaranya membayar pajak.

Pihaknya akan mendorong pencapaian pendaftaran kendaraan baru.

BACA JUGA: GIIAS Bandung 2023 Diharapkan Bisa Mendongkrak Perolehan PAD

“Untuk meningkatkan pendapatan, kita juga  memberikan program menarik bagi pembeli kendaraan bermotor di GIIAS Bandung 2023,” kata Dedi.

Sedangkan Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara mengatakan, Jabar merupakan salah satu provinsi yang memiliki posisi penting dalam industri otomotif nasional.

Tercatat 15,6 persen pangsa pasar kendaraan bermotor nasional berasal dari Jawa Barat dan menempati posisi kedua nasional dalam periode Januari-Agustus 2023.

“Penyelenggaraan GIIAS Bandung 2023 sangat berpotensi untuk terus tumbuh melihat perkembangan dan pencapaian industri otomotif di Jabar yang cukup pesat,” kata Kukuh. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya