Pangandaran Masih Juara, Disusul Sari Ater untuk Jumlah Kunjungan Wisatawan Saat Lebaran 2023

KLIKNUSAE.com - Pangandaran masih juara, disusul kemudian Sari Ater (pemandian air panas) untuk tingkat kunjungan wisatawan selama Libur Lebaran 2023.

“Dari hasil data yang kami kumpulkan dari pengelola daerah tujuan wisata (DTW) di Jawa Barat, ada 650.860 orang yang berwisata di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut, Pangandaran masih juara, disusul kemudian Sari Ater di Kabupaten Subang,” kata Ani Widiani, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Selasa 2 Mei 2023.

Ani menyampaikan laporan pergerakan wisatawan dalam acara Evaluasi Arus Mudik/Balik Idul Fitri 2023 M/1444 H yang berlangsung di Gedung Sate bersama Dinas Perhubungan Jaw Barat.

Menurutnya, tahun ini terjadi lonjakan cukup tajam untuk kunjungan ke beberapa objek wisata. Sehingga ada beberapa tempat wisata yang melebihi kapasitas.

BACA JUGA: Hingga H+3 Lebaran 2023, Sudah 300 Ribu Wisatawan Kunjungi Pangandaran

“Ya ini adalah pertama kali pasca PPKM, orang kemudian menyerbu tempat wisata pada libur lebaran lalu,” kata Ani.

Pihaknya telah menyebarkan  menghimbau untuk semua pengelolaan wisata untuk melaporkan jumlah kunjungan.

”Dari 135 destinasi wisata favorit di Jawa Barat,  sudah terkumpul dari 70 DPW yang melaporkan datanya.  Jadi untuk jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat pada masa libur lebaran kami data dengan baik,” papar Ani.

BACA JUGA: Menyambut Libur Lebaran 2023, Air Panas Sari Ater Buka 24 Jam

Dari lebaran kedua, yakni tanggal 23-25 April 2023 tercatat ada 650.860 orang yang melakukan aktivitas berwisata ke Jawa Barat.

Dan terbanyak yang mendapatkan kunjungan wisatawan yakni Pangandara sebanyak 118.670 orang.

Kebun Raya Bogor

Disusul kemudian Kebun Raya Bogor (46.000 orang), Sari Ater (42.000),  Taman Safari Bogor (23.000), Taman Wisata Kawa Putih Ciwidey (23.000).

BACA JUGA: Destinasi Pangandaran Aman-aman Saja, Jangan Termakan Berita Hoaks

Lalu, Floating Market Lembang (16.000), dan  Lembang Park Zoo (15.000).

”Kalau secara detail kami tidak mendata para wisatawan ini datang dari mana saja. Namun, kalau dari laporan okupansi hotel pergerakan wisatawan kebanyakan datang dari Jabodetabek,” ungkap Ani.

Terkait tingginya wisatawan yang datang ke Pangandaran,lanjut Ani, karena sudah jauh-jauh hari pemerintah daerah Pangandaran gencar melakukan mempromosikan.

BACA JUGA: Pengunjung TSI Bogor Diberi Kesempatan Memberi Susu ke Beruang, Cuma Moment Ini Saja

”Terutama, untuk menarik wisatawan, bukan saja yang datang dari Jawa Barat, tetapi juga yang dari Jawa Tengah,” jelas Ani.

Termasuk ada fenomena baru, di Kabupaten Majalengka terjadi lonjakan cukup tajam.Khususnya, kunjungan wisatawan ke Terasering Panyaweuyan.

”Dimana, kalau pada hari biasa kapasitas pengunjung hanya 250 orang, pada Libur Lebaran ini melonjak menjadi 2.400 orang,” paparnya.

Seperti juga di Situ Cangkuang di Garut—yang biasanya kapasitasnya 700 orang, tiba-tiba melonjak menjadi 1.000 lebih. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya