Mulai 15 April, Bandara Kertajati Layani Penerbangan Charter Umroh

KLIKNUSAE.com – Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan melayani penerbangan charter umroh rute Kertajati (KJT)-Medinah (MED) pada 15 April 2023.

Penerbangan umroh ini akan menggunakan Maskapai Lion Air kode penerbangan JT-068 dengan pesawat Airbus A330-300.

Kemudian, pada 9 Mei 2023 akan disusul maskapai Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan umroh dari Kertajati.

Selanjutnya, pada 17 Mei 2023, dijadwalkan maskapai AirAsia akan melayani penerbangan reguler dengan rute perdana Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.

BACA JUGA: Siap-siap, Bandara Kertajati Bakal Seperti Kualanamu, Ini kata Bos AirAsia

“Kita harapkan dengan selesainya akses jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan semakin memudahkan aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Minggu 9 April 2023.

Menko Muhadjir kemarin meninjau langsung persiapan penerbangan umroh, haji serta regular di Bandara Kertajati.

Selanjutnya, pada bulan Juni s.d. Agustus 2023, Bandara Kertajati juga akan melayani penerbangan haji.

Hal ini,  setelah ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA: Bandara Kertajati Aktif Lagi, Kali Ini Mengangkut 224 Jamaah Haji

Pelabuhan Patimban

Pada kesempatan yang sama Menhub Budi menjelaskan, telah menugaskan PT Angkasa Pura II untuk membantu memastikan kesiapan pelayanan Bandara Kertajati.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat,” jelas Budi.

“Lokasinya juga dekat dengan Pelabuhan Patimban yang nantinya akan sebesar Pelabuhan Tanjung Priok. Jadi ini sangat strategis,” sambungnya.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Pengendali Banjir Bandara YIA

Lebih lanjut Budi mengatakan, akan terus berupaya mengoptimalkan pengoperasian pesawat dari dan ke Bandara Kertajati setelah masa mudik lebaran.

“Nantinya semua pesawat jet dan propeler (baling-baling) akan beroperasi di Kertajati. Sementara, Bandara Husein Bandung akan melayani khusus pesawat VVIP dan private jet. Tetapi setahun ini pesawat propeler masih akan tetap beroperasi di Bandara Husein,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Basuki mengungkapkan, pada akhir Mei 2023 jalan tol Cisumdawu sepanjang 65 Km ditargetkan sudah beroperasi secara penuh.

BACA JUGA: Sepeda Listrik ‘Made in’ Majalengka Dikampanyekan Sandiaga Uno

“Dari Bandung ke Cisumdawu hanya satu jam. Ini akan mendukung Bandara Kertajati sebagai hub baru,” ujarnya.

Pihak pengelola Bandara Kertajati yaitu PT BIJB dan Angkasa Pura II menyatakan fasilitas bandara telah siap untuk melayani para penumpang dan pergerakan pesawat baik untuk umroh, haji, maupun reguler.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan di antaranya yaitu: runway sepanjang 3.000 m yang mampu didarati pesawat besar (wide body).

Lalu, ada area parkir pesawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat, area terminal penumpang.

Parkir kendaraan, musholla, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, serta fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugianto, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Dirut AP II Muhammad Awaludin, serta Dirut BIJB Muhamad Singgih. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya